SOLOPOS.COM - ilustrasi (housetohome.co.uk)

ilustrasi (housetohome.co.uk)

SLEMAN—Komite Pariwisata ASEAN akan menerapkan standar kelayakan toilet umum di lokasi wisata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rencana itu mengemuka dalam ASEAN Tourism Work Group Committee Meeting 2012 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia di Hotel Sheraton Jogja pada 17-20 September 2012.

“Jika di Indonesia sebenarnya standar toilet umum masih banyak yang harus dibenahi. Namun di sisi lain, pada tahun lalu Bandara Adi Sutjipto pernah menerima pengharagaan dalam lomba toilet terbersih di seluruh Indonesia,” kata Irjen Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Putu Laksaguna saat jumpa pers, Rabu (19/9).

Putu menambahkan pembicaraan soal toilet ini mengacu pada sertifikasi standar mutu mulai dari SDM, hotel, spa hingga pelayanan wisata di ASEAN. Pembicaraan standar toilet umum ini dipimpin Brunei Darussalam.

Menurut Putu, ke depan pemerintah Indonesia akan mendukung standar toilet bersih di Indonesia melalui kampanye dan lomba. Tahun ini pihaknya akan mengadakan lomba toilet bersih di mal seluruh Indonesia.

“Kalau ke depan akan ada lagi lomba toilet bersih di objek wisata, mulai dari candi hingga kebun binatang. Kalau tahun ini akan diadakan di mal. Sebelumnya sudah ada di hotel dan bandara,” tandas Putu.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya