SOLOPOS.COM - Warga menyantap makanan di depan toilet portabel yang dipasang di kawasan Citywalk, Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (6/10/2103). Toilet tersebut tidak dapat dimanfaatkan warga yang beraktifitas saat program Car Free Day karena digembok. (Agoes Rudianto/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Hasta Gunawan, mengakui toilet belum bisa digunakan karena terkendala instalasi limbah permanen.

Pihaknya perlu membuat septic tank sebelum mengoperasikan fasilitas tersebut. “Butuh septic tank agar pembuangan limbah bisa maksimal,” terangnya, Minggu (6/10/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain kawasan Sriwedari, Hasta menyebut toilet portabel telah dipasang di city walk depan Stasiun Purwosari. Pihaknya berencana memasang dua toilet portabel lagi di kawasan publik.

“Titiknya masih dipetakan merujuk tingkat keramaian, tata kota dan kebersihan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Soedrajad, menyayangkan toilet portabel tidak segera difungsikan. Menurutnya, sudah banyak warga yang menginginkan fasilitas tersebut di CFD.

“Yang ngeluh ke saya sudah tak terhitung. Kami minta pemasangan toilet segera dirampungkan.”

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Toilet portabel di city walk Jl. Slamet Riyadi belum juga difungsikan secara maksimal Meski telah dipasang sejak Selasa (1/10/2013).

Sejumlah pengunjung car free day (CFD) kecewa lantaran belum bisa mengakses fasilitas itu. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (6/10), pengunjung CFD tampak kecele saat ingin buang air di toilet yang ditempatkan di kawasan Sriwedari tersebut.

Toilet berdesain batik ini masih terkunci rapat. Dua gembok warna hitam mengunci pintu toilet dari luar. Seorang pengunjung, Dika Nanda, 24, terlihat kesal mengetahui hal tersebut. “Bagus-bagus dibuat kalau tidak bisa dimanfaatkan ya sama saja,” keluhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya