SOLOPOS.COM - Sejumlah personel Korem 074/Warastratama menggendong siswa SDN Kleco 1 dan SDN Kleco 2 yang datang untuk mengucapkan selamat hari jadi ke67 TNI di Makorem 074/Warastratama, Jumat (5/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Sejumlah personel Korem 074/Warastratama menggendong siswa SDN Kleco 1 dan SDN Kleco 2 yang datang untuk mengucapkan selamat hari jadi ke67 TNI di Makorem 074/Warastratama, Jumat (5/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Sekitar 500-an siswa berseragam pramuka memasuki Markas Komando Resort Militer (Makorem) 074/Warastratama, Solo, Jumat (5/10/2012) pagi. Mereka berjalan berbaris mengikuti langkah kaki pemberi instruksi. Rombongan berhenti tepat di depan para anggota TNI yang telah bersiap menyambut mereka di depan kantor utama Makorem.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Para siswa menempatkan diri dan membentuk saf rapi, kemudian lagu berjudul happy birthday dan Selamat Ulang Tahun didendangkan dengan penuh semangat. Setelah itu ucapan “Selamat ulang tahun TNI!” berkali-kali diteriakan. Tentara Nasional Indonesia (TNI) kali ini merayakan hari jadi ke-67. Siswa dari SD Negeri 1 Kleco dan SD Negeri 2 Kleco sengaja datang untuk memberikan kejutan dan ucapan selamat kepada para anggota TNI yang dianggap telah berjasa menjaga kesatuan negara Republik Indonesia.

Mendapatkan kejutan seperti itu, Kepala Staf Korem, Letkol Inf Hariyadi, merasa tersanjung dan bahagia karena diberikan selamat dari siswa. Ia mengaku tidak menyangka para siswa akan memberi perhatian kepada para abdi bangsa dan negara. “Saya hanya bisa berpesan agar para siswa belajar dengan rajin, agar berhasil menjadi generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Para siswa SDN Kleco 1 dan SDN Kleco 2 Solo menyalami anggota TNI di Makorem 074/Warastrama dalam kunjungan untuk mengucapkan selatam HUT ke-67 TNI, Jumat (5/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Kegiatan yang digagas oleh Republik Aeng-aeng itu bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang bela negara serta mengenal profresi prajurit TNI. Kemudian dengan mendekatkan para siswa kepada TNI, diharapkan akan tumbuh jiwa nasionalisme, selain itu agar image TNI yang selama ini dinilai menakutkan di mata anak-anak bisa hilang. “Kami harap TNI bisa diterima di tengah masyarakat, salah satu caranya dengan menghilangkan sekat,” jelas guru pembimbing SD Kleco 1, Subaka SA.

Siswa kelas VI SDN 1 Kleco, Nerisha Ayudhia Trihapsari, memiliki kesan tersendiri kepada para anggota TNI. “Selama ini mereka terkesan tegas dan rapi,” jelasnya. Selain itu bayangan sosok yang sangar dan seram pun pernah muncul dipikirannya. “Tapi setelah sering berinteraksi, ternyata mereka tak sesangar penampilannya, mereka bersahabat,” jelasnya.

Hal itu terlihat ketika pria berseragam hijau berbaur dengan siswa berseragam cokelat. Tawa dan senyum seakan tak hilang ketika siswa berbincang dengan para anggota TNI, bahkan di antaranya ada siswa yang digendong dan diajak berjalan-jalan. Kejutan pagi itu akhirnya ditutup dengan proses pengucapan selamat dari siswa kepada para Anggota TNI dengan menjabat tangan mereka satu persatu. Barisan panjang lebih dari dari 20 anggota TNI berjajar, kemudian siswa bergerak seperti ular menyalami anggota TNI dari awal hingga akhir, sampai kemudian siswa keluar dari gerbang Makorem menuju sekolah asal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya