SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Marore–TNI berencana memasang sistem radar yang akan mengawasi perairan, mulai dari perairan Ambalat di Kalimantan Timur hingga perairan Tahuna, Sulawesi Utara. Hal tersebut dikemukakan Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, Minggu (2/5).

Di sela-sela kunjungannya ke perbatasan negara di Pulau Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Purnomo  mengatakan ke dua wilayah tersebut akan terjangkau radar.
“Setelah kami membangun sistem radar laut dari Tahuna hingga Ambalat, seluruh perairan di wilayah itu akan terjangkau radar,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Radar itu, lanjutnya, sangat dibutuhkan untuk mengawasi pergerakan kapal yang melintas. Menurut dia, pengadaan radar itu akan menjadi salah satu prioritas Departemen Pertahanan yang harus segera direalisasikan.

Ia menyebutkan, sistem radar di perairan selatan Malaka saat ini telah mampu menjangkau seluruh Selat Malaka sehingga setiap kapal yang melintas akan terdeteksi. “Ada 12 radar yang mengawasi Selat Malaka. Kita telah bisa mendeteksi kapal-kapal yang melintas,” paparnya.

Sistem radar yang akan dibangun untuk mengawasi perairan utara Sulawesi Utara itu juga menjadi bagian dari pengamanan perbatasan negara. Kawasan perairan ini rawan berbagai tindak pidana, antara lain penyelundupan senjata, terorisme, pencurian ikan, dan pembuangan limbah.

kompas.com/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya