Tutup Iklan

TNI Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Binaan LP Klaten

sebanyak 138 warga binaan yang divaksin memiliki nomor induk kependudukan (NIK) sedangkan sisanya diusahakan diikutkan vaksinasi di tahap berikutnya.

 Pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 di LP Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 di LP Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Kodim 0723/Klaten melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). Di kesempatan itu, sebanyak 138 dari 296 warga binaan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi dimulai dengan pendaftaran ulang masing-masing warga binaan pukul 09.00 WIB. Di meja daftar ulang, setiap warga binaan dicek identitas diri. Selanjutnya, warga binaan dipersilakan mengikuti tahapan screening, suntik vaksin Covid-19, dan tahapan observasi.

Sepanjang tak ada keluhan selama observasi, masing-masing warga binaan dipersilakan kembali ke kamarnya masing-masing.

Baca juga: Klaten Dapat 10.000 Dosis Vaksin Covid-19 dari Menko Perekonomian

“Jumlah [warga binaan] yang disuntik vaksinasi Covid-19 hari ini terdiri dari 138 warga binaan dan 50 pegawai. Jadi, total 188 orang. Ini vaksinasi kali pertama. Memang, tingkat kerawanan warga binaan terpapar Covid-19 tinggi. Saat tidur otomatis kan berdekatan. Harapannya, melalui vaksinasi ini muncul ketahanan kelompok. Jumlah penghuni di sini ada 296 orang,” kata Kepala LP Kelas II B Klaten,” Ahmad Fauzi, saat ditemui wartawan di LP setempat, Jumat (30/7/2021).

Kekebalan Tubuh Saat Pandemi

Dandim 0723/Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, mengatakan sebanyak 138 warga binaan yang divaksin memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Sisanya, diusahakan akan divaksinasi di tahap berikutnya.

“Ini bagian dari serbuan vaksinasi yang dilakukan TNI/Polri. Yang belum divaksinasi tentunya menyusul,” katanya.

Baca juga: Cerita Unik Napi di Klaten, Bertato Tapi Takut Disuntik Vaksin

Hal senada dijelaskan Kepala Klinik Pratama 0723/Klaten, Gunawan Cahyo Wibisono. Vaksinasi yang dilakukan di LP Kelas II B Klaten merupakan aksi jemput bola guna mencegah persebaran Covid-19 di lingkup LP.

“Tahapan vaksinasi Covid-19 sama dengan lainnya. Mereka didata, dilakukan screening, divaksinasi, dan diobservasi selama 15 menit. Ini untuk mendukung kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Gunawan mengatakan selama ini jajaran Kodim 0723/Klaten sudah melakukan vaksinasi Covid-19 ke 12.000-an orang. Selain di LP Kelas II B Klaten, vaksinasi juga dilakukan di Klinik Pratama 0723/Klaten, dan Gedung Sunan Pandanaran Klaten.

“Pendataan warga yang divaksinasi, biasanga kami memaksimalkan babinsa yang ada di lapangan. Dengan cara jemput bola seperti yang di LP Kelas II B Klaten ini, harapannya vaksinasi dapat menyasar ke seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Baca juga: Terus Bertambah, Kasus Kematian karena Covid-19 di Klaten Tembus 2.049 Orang

Berita Terkait

Berita Terkini

Serbuan Vaksinasi Dinilai Sukses, Polres Klaten Dapat Penghargaan

Penghargaan diberikan menyusul peran aktif jajaran Polres Klaten di bawah komando AKBP Eko Prasetyo dalam menyukseskan serbuan vaksinasi di Kabupaten Bersinar.

Anggota DPR: Kurang Anggaran Bikin Digitalisasi Buku Solo Tak Maksimal

Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng menyebut digitalisasi buku di perpustakaan Solo tidak maksimal karena kurang anggaran.

BST Kemensos Disetop? Kadinsos Wonogiri: Tunggu Surat Resmi Saja!

Dinas Sosial Wonogiri masih menunggu surat keputusan resmi dari Kemensos terkait informasi mengenai penghentian BST dampak pandemi Covid-19.

320 Petani Milenial Klaten Diusulkan Ikut Pelatihan di Kementan

Pemkab Klaten mengusulkan ratusan petani milenial yang umurnya di bawah 40 tahun ikut pelatihan dari Kementerian Pertanian.

Apa Kabar Rencana Gedung RSUD Sukoharjo di Bekas Terminal Kartasura?

Saat pemerintahan Bupati Wardoyo Wijaya, lahan bekas Terminal Kartasura diproyeksikan untuk gedung unit II RSUD Ir Soekarno Sukoharjo.

Tak Sanggup, Pengelola Serahkan Rusunawa Begalon I ke Wali Kota Solo

Pengelola Rusunawa Begalon I Solo menyerahkan pengelolaan rusunawa tersebut ke Wali Kota Solo karena sudah tidak sanggup.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Brankas Berisi Rp300 Juta Selamat dari Kebakaran Pasar Janglot Sragen

Brankas berisi uang Rp300 juta selamat dari kebakaran Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang menghanguskan puluhan kios dan los.

Unik! Ada Ormas Bernama Polokendho di Soloraya, Apa Saja Kegiatannya?

Organisasi kemasyarakatan atau ormas di Soloraya ini punya nama unik yakni Polokendho, anggotanya dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan.

Innalillahi, Warga Solo Meninggal Mendadak Saat Piknik di Karangpandan

Warga Sangkrah, Solo, meninggal dunia secara mendadak saat hendak makan sambil menikmati pemandangan di Karangpandan, Karanganyar.

Polisi Ungkap Cara Pengedaran Upal Boyolali, Dijual hingga Modus Klenik

Pengedaran upal oleh komplotan yang tertangkap di Mojosongo, Boyolali, dilakukan dengan beberapa cara salah satunya modus klenik.

Penganut Hindu Klaten Minta Bangunan Tol Solo-Jogja Tak Tutupi Yoni

Penganut Hindu di Klaten meminta agar bangunan tol Solo-Jogja tak berada tempat di atas atau menutup yoni di tengah sawah Keprabon.