SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Tentara Nasional Indonesia (TNI) memanggil generasi muda untuk dididik menjadi Penerbang TNI melalui Pendidikan Pertama Perwira PSDP Penerbang TNI. Bagi lulusan SMA dan Madrasah Aliyah (MA) yang berminat, silakan mendaftar.

Sekolah Penerbang Prajurit Sukarela Dinas Pendek TNI (Sekbang PSDP TNI) merupakan pendidikan pertama perwira TNI. Lulusannya mendapat pangkat letnan dua. Demikian informasi dari Puspen TNI, Rabu (2/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Persyaratan untuk mengikuti Sekbang PSDP TNI adalah: Warga Negara Indonesia pria, bukan prajurit TNI, anggota POLRI atau PNS. Serta Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

Syarat lain adalah berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama. Tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Tinggi badan minimal 165 cm dan panjang kaki minimal 100 cm. Calon juga harus sehat jasmani, rohani, bebas narkoba dan tidak berkaca mata. Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA dengan rata-rata Nilai Akhir Ujian Nasional untuk lulusan tahun 2010 ditentukan kemudian setelah pelaksanaan Ujian Nasional dan untuk lulusan tahun 2006 sampai 2009 tidak kurang dari 6.5 dan tidak ada nilai yang kurang dari 6.

Syarat lainnya adalah belum pernah nikah dan sanggup untuk tidak menikah, selama mengikuti pendidikan pertama dan selama 2 tahun setelah selesai pendidikan pertama.

Calon juga harus bersedia melaksanakan Ikatan Dinas Pendek (IDP) keprajuritan selama 10 tahun terhitung mulai diangkat sebagai Letnan Dua dan dapat diangkat kembali menjadi prajurit karier sesuai dengan persyaratan. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.

Selain itu, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri. Bagi yang sudah berkerja secara tetap sebagai pegawai atau karyawan diharuskan memiliki surat persetujuan dari Kepala Instansi yang bersangkutan, bersedia diberhentikan dari status pegawai bila diterima menjadi siswa Perwira PSDP Penerbang TNI.

Materi seleksi meliputi Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Psikologi, Mental Ideologi, Test Bakat Terbang dan Akademik (PKPN, Bahasa Inggris, Fisika dan Matematika).

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 s.d 30 Juni 2010, bertempat di Ajendam setempat/terdekat (di Kodam seluruh Indonesia). Penjelasan lebih rinci dapat ditanyakan di tempat pendaftaran atau website: www.tni.mil.id

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya