Tutup Iklan

TNI AU Segera Tambah 24 Pesawat F-16

TNI AU Segera Tambah 24 Pesawat F-16

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat tempur (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI AU I.B. Putu Dunia mengatakan pihaknya berencana menambah 24 unit pesawat tempur jenis F-16 buatan Amerika Serikat. Namun penambahan itu akan dilakukan bertahap dan sebagian sudah bisa terealisasi pada 2014 .

“Secara umum kami melanjutkan renstra [rencana strategis] yang pertama dengan mendatangkan alutsista. Rencananya dari 24 unit pesawat yang didatangkan, kami harapkan 2014 ini delapan [pesawat] yang datang,” papar diaseusai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Prasetya Perwira Lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (setukpa) Angkatan ke-16 di Lapangan Dirgantara Adi Soemarmo, Surakarta, Jumat (20/12/2013).

Jumat pagi, Kasau melantik dan mengambil sumpah 149 perwira TNI AU terdiri atas 136 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Mereka terdiri dari berbagai korps. Mereka dilantik setelah menempuh pendidikan selama delapan bulan.

Lebih lanjut Kasau mengatakan pengadaan alutsista khususnya pesawat tempur F-16 guna menambah kekuatan pertahanan di udara. Selain itu pihaknya juga melengkapinya dengan pewawat lain di antaranya pesawat jenis Hercules, CN 295, empat unit radar, rudal, tank dan sebgainya.

Dia berharap di masa mendatang TNI AU akan semakin modern. Karenanya, ujar dia, di mana pun nanti ditempatkan, tantangan yang akan dihadapi bukan semakin ringan.

Karena itu dia berpesan para perwira agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebanyak mungkin. “Asahlah terus pengetahuan kemampuan yang saudara miliki agar dapat benar-benar siap menjalankan pegabdian dan siap memenuhi sumpah yang telah diikrarkan,” ungkap dia.

Ditanya soal peran TNI AU jika diminta mendukung Polri dalam pengamanan terorisme di Indonesia, Kasau menjelaskan sebagai anggota TNI AU pihaknya selalu siap sesuai perintah pimpinan.

"Pertanyaan itu tentu lebih tepat dijawab Panglima dan kami hanya menyesuaikan kebijakan pimpinan atau Panglima. Dalam hal ini kami yang diberi pesawat kami rawat dan siap mengoperasikan kapan saja sesuai perintah pimpinan.”

Berita Terkait

Berita Terkini

Magesty Mudahkan Warga Kota Magelang Penuhi Kebutuhan

Pemkot Magelang meluncurkan aplikasi Magesty yang berisi pelayanan belanja ke pasar terdekat, UMKM, serta layanan kesehatan secara online.

Pemkab Banyumas Putuskan Larang Hajatan Mulai 24 Juni 2021

Penyelenggaraan acara hajatan di Kabupaten Banyumas dilarang mulai tanggal 24 Juni untuk antisipasi menyebaran Covid-19.

Usia Harapan Hidup Warga Sleman Sedikit Lebih Rendah Dibandingkan Skala DIY

Usia harapan hidup (UHH) warga Sleman sedikit lebih rendah ketimbang UHH Provinisi DIY. Tiingginya UHH menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

Mi Ongklok Disajikan Peserta di Masterchef Indonesia Musim 8

Keunikan mie ongklok dimulai dari racikan campuran kol dan kucai dan disajikan dengan siraman kuah kental karena ada larutan tepung tapioka.

10 Berita Terpopuler : Hajatan di Wonogiri Dilarang - Beli Rumah Bonus "Istri Kedua"

Penyelenggaraan hajatan di Wonogiri dilarang hingga viral beli rumah bonus "istri kedua" masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Solopos Hari Ini: Rumah Sakit Kritis

Melonjaknya Covid-19 varian baru yang berawal dari Kudus membuat ketersediaan bed pasien Covid-19 di RS Jateng kritis.

Harga Emas Pegadaian Hari Ini Rabu 16 Juni 2021, Turun Lagi?

- Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Rabu (16/6/2021) hari ini, naik untuk UBS, namun turun untuk cetakan Antam.

Paul Pogba Jadi Pemain Terbaik Saat Prancis Taklukkan Jerman

Paul Pogba terpilih sebagai pemain terbaik (man of the match) ketika Prancis menaklukkan tuan rumah Jerman di Allianz Arena.

Fakta-Fakta SMA Pradita Dirgantara hingga Ratusan Siswanya Bisa Diterima di Kampus Top Dalam dan Luar Negeri

Sistem Moving Class atau pindah kelas yang diterapkan menjadi salah satu profil atau kelebihan SMA Pradita Dirgantara.

Meski Kalah Gara-Gara Gol Bunuh Diri, Pelatih Loew Enggan Salahkan Tim

Pelatih Jerman Joachim Loew menolak mengambinghitamkan timnya sebagai faktor kekalahan 0-1 dari Prancis, Rabu (16/6/2021).

Maksimalkan Fitur-Fitur Pemasaran, Tingkatkan Penjualan di Tokopedia

-Untuk meningkatkan performa toko online yang berdampak pada peningkatan penjualan, seller harus memahami fitur-fitur pemasaran di e-commerce tersebut.

Haji 2021 Dibatasi bagi Jemaah Belum Pernah Berhaji

Kerajaan Arab Saudi memutuskan menutup lagi akses ibadah haji 2021 karena masih adanya pandemi corona namun dengan catatan tertentu.