SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). (JIBI/Harian Jogja/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA- Selain melakukan kegiatan penyuluhan, Tentara Manunggal Membangun Desa Sengkuyung Tahap II Kodim 0734 juga melakukan kegiatan fisik yakni membangun dan memperbaiki fasilitas umum yang diperlukan masyarakat.

Kegiatan fisik yang dilakukan di antaranya, pembangunan talud bronjong di tepi Sungai Gajah Wong sepanjang 103 meter, rehabilitasi satu unit Balai RT, rehabilitasi lima unit rumah dan rehabilitasi dua unit MCK.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Total dana yang digunakan untuk pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II tersebut tercatat sebanyak Rp276 juta yang berasal dari dana APBD DIY sebesar Rp50 juta dan APBD Kota Jogja sebesar Rp226 juta.

Selain menerjunkan dua satuan setingkat kompi dari Kodim 0734 Jogja atau 50 personil, kegiatan rutin dari TNI tersebut juga melibatkan satu regu Yonif 403/Wp sebanyak lima orang, satu regu TNI AU, satu regu TNI AL dan satu regu Polresta Jogja masing-masing 10 orang serta satu tim tukang dari Kodim 0734 Jogja sebanyak 10 orang ditambah dua orang tenaga kesehatan.

Sedangkan masyarakat yang terlibat berasal dari Menwa lima orang per pekan, Tagana 20 orang per hari dan masyarakat 30 orang per hari.

“Masyarakat yang berpartisipasi saat hari libur dimungkinkan bisa mencapai jumlah maksimal sebanyak 90 orang per hari,” katanya.

Komandan Kodim 0734 Jogja Letkol Infanteri Ananta Wira yang menjadi inspektur upacara pembukaan menyatakan program tersebut diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah karena dalam perencanaannya selalu melibatkan berbagai instansi dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya