SOLOPOS.COM - Ilustrasi Program TMMD (Instagram/@sidoarjo.id)

Solopos.com, MAGELANG — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II kembali dibuka pada hari Selasa (15/6/2021). Acara pembukaan dilakukan di markas Kodim Magelang, dan dihadiri oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Mengutip Beritamagelang.id, Rabu  (16/6/2021), Bupati Zaenal dalam sambutannya menyampaikan Program TMMD Sengkuyung Tahap II Kabupaten Magelang tahun 2021 ini akan dilaksanakan serentak selama 30 hari dari 15 Juni-14 Juli 2021. Tujuan diadakannya kegiatan TMMD ini untuk membantu meningkatkan akselerasi pembangunan daerah, melaksanakan kegiatan serbuan teritorial, mewujudkan RAK Juang yang Tangguh serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Bojong, Desa Mangli, menghubungkan Dusun Gamblok, Desa Balerejo, Kecamatan Kaliangkrik. Kegiatan yang dilakukan berupa pembangunan fisik, pembangunan cor blok dengan jalan volume panjang 1.500 meter, lebar 2,5 meter, tebal 0,1 meter dan pembangunan jembatan dengan volume panjang 5 meter, lebar 4,5 meter dan tinggi 5,5 meter.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Pemkab Magelang Tertibkan Aset Plaza Muntilan

Adapula kegiatan nonfisik berupa penyuluhan kesehatan di masa pandemi Covid-19 dari SKPD dan penyuluhan pola hidup sehat di masa pandemi Covid-19 dari Kodim 0705/Magelang, Penyuluhan Pola Hidup Sehat di masa pandemi Covid-19 dari SKPD terkait dan penyuluhan Kamtibmas, Narkoba, KDRT Wasbang dan Bela Negara dari TNI dan Kepolisian.

Zaenal juga mengingatkan warga yang terlibat langsung dalam kegiatan TMMD untuk dapat tetap mematuhi protokol kesehatan, guyub rukun dan gotong royong agar pelaksanaan TMMD bisa berjalan lancar dan aman dari Covid-19.

Kegiatan TMMD ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa semangat nasionalisme masyarakat untuk menjaga generasi bangsa. Sementara itu, melansir dari situs mil.id, program TMMD tahap pertama sebelumnya dilakukan pada pada 3 Maret 2021 silam.

Baca Juga:Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Pasar Dunia

Selama satu bulan prajurit Kodim 0705/Magelang, pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap I dalam menyiapkan alat, ruang dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Magelang dan pertahanan negara.

Sama dengan program kegiatan yang akan dilakukan sebulan kedepan, pembangunan fisik juga sebelumnya dilakukan dengan membangun infrastruktur, sarana transportasi berupa pembuatan talud senderan dan peningkatan saluran drainase.

Selain pencapaian program sasaran fisik, juga diimbangi dengan pencapaian non fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba dan Kamtibnas serta penyuluhan kesehatan. pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya