SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang memakai masker. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN – Seorang warga dari Kecamatan Kedawung, Sragen, yang baru pulang dari Taiwan, sempat menjalani pemeriksaan di Ruang Isolasi RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen lantaran dicurigai suspect corona.

Tetapi, berdasarkan hasil pemeriksaan ternyata dia tidak mengarah pada Covid 19 tetapi infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Hal itu disampaikan Direktur RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sraggen, Didik Haryanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (15/3/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kronologi

Didik Haryanto menceritakan awalnya pasien perempuan mengaku meriang dan memerisakan diri ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sragen. Saat diperiksa petugas medis, pasien tidak menceritakan kalau baru pulang dari luar negeri.

Warga Solo Borong Sembako di Swalayan, Stok Dijamin Cukup

“Karena keluhannya ringan, petugas medis itu menyarankan supaya memeriksakan ke klinik. Setelah keluar dari IGD, petugas medis IGD baru tahu kalau pasien yang mengeluh meriang itu baru pulang dari luar negeri per 3 Maret lalu,” terang Didik Haryanto.

Setelah diketahui si TKW baru pulang dari Taiwan, maka paramedis mencari pasien tersebut. TKW Sragen itu kemudian ditangani sesuai prosedur penanganan suspect corona.

“Akhirnya, petugas medis mencari pasien itu dan ketemu. Kemudian pasien ditangani dengan standar penanganan suspect Covid-19 di Ruang Isolasi RSUD Sragen sebagai upaya kewaspadaan,” sambung Didik Hariyanto.

Cegah Corona, Siswa TK-SMP di Karanganyar Diliburkan Sepekan

Dia menambahkan paramedis menangani TKW Sragen itu berkonsultasi dengan tim Several Acute Respiration Infection (SARI) RSUD Dr. Moewardi Solo.

Berdasarkan hasil rontgen dan pemeriksaan laboratorium ternyata si TKW Sragen tidak mengarah pada suspect corona tetapi didiagnosis ISPA.

“Pasien juga sudah diperiksa dokter spesialis paru. Pasien kemudian dipulangkan untuk rawat jalan. Untuk selanjutnya, pasien itu tetap dipantau oleh puskesmas,” sambung Didik.

Pelajar Korsel Suspect Corona Dirawat di Salatiga Sepulang dari Bali

Ngeluh Meriang

Sementara itu diberitakan Solopos.com sebelumnya, Camat Kedawung, Nugroho Dwi Wibowo, membenarkan salah satu warganya yang baru pulang dari Taiwan mengeluh tidak enak badan dan sempat memeriksakan diri ke RSUD Sragen.

Bowo, sapaan akrab Nugroho Dwi Wibowo, menyampaikan TKW Sragen yang merupakan warganya itu hanya menjalani rawat jalan karena hanya mengeluhkan flu biasa. Dia menjelaskan warga yang kontak serumah dengan pasien pun diperiksa puskesmas dan dinyatakan sehat tanpa keluhan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya