Tjahjo Kumolo Wafat, Ini Tempat Kuliner Favoritnya di Semarang

Semasa hidupnya, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, memiliki sederet tempat kuliner favorit di Kota Semarang.

 Menpan RB Tjahjo Kumolo (Detik.com)

SOLOPOS.COM - Menpan RB Tjahjo Kumolo (Detik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Kabar duka datang dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Lahir di Solo, Tjahjo Kumolo menghabiskan masa kecil hingga dewasa di Semarang. Berikut tempat kuliner favorit Tjahjo Kumolo semasa tinggal di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Sahabat almarhum Tjahjo Kumolo, Adi Rustanto, mengatakan ada beberapa makanan favorit almarhum setiap berkunjung ke Kota Semarang, salah satunya adalah nasi liwet.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Beliau [almarhum] juga suka bakmi, dan Sate 99 Semarang yang ada di depan Gereja Blenduk. Nah kalau suka makan gudeg, suka ada kepala dan brutu ayam. Selain itu, burung dara goreng favorit dia,“ ucap Adi kepada Solopos.com, Jumat sore.

Namun demikian, jelas dia, kuliner yang paling disukai almarhum yaitu brutu ayam, iso atau babat sumsum kambing.

“Kalau paling disukai ya, brutu, iso atau babat sumsum kambing,” terangnya.

Adi menyebut almarhum Tjahjo Kumolo saat berkunjung ke Kota Semarang pasti menyempatkan diri berkunjung ke lima tempat kuliner favoritnya. Kelima tempat itu antara lain warung bakmi di Gang Pinggir, Pecinan Semarang.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Foto-Foto Sejumlah Pejabat Melayat di Rumah Duka

“Kemudian Sate Kambing 99 depan Gereja Blenduk, gudeng di Jalan Gajah Mada, rumah makan burung dara di Jalan Plampitan, dan warung cakwe dekat Hotel Gumaya,” jelasnya.

Kendati demikian, Adi mengaku jika Tjahjo Kumolo memiliki riwayat penyakit asam urat. Namun, sayangnya almarhum tidak bisa mengontrol pola makanannya.

“Seringkali saya ingatkan, kadang dia sembunyi-bunyi makan makanan yang tidak baik untuk Misal, brutu, iso atau babat, “katanya.

Selain kelima tempat kuliner itu, Tjahjo Kumolo kabarnya juga kerap makan di warung seafood Ibu Ana yang ada di kompleks PRPP Semarang. Bahkan di warung tersebut ada foto Tjahjo bersama pemilik warung, Ana.

Baca juga: Selalu Temui Rudy Saat Ke Solo, Ini Sederet Pesan Tjahjo Kumolo

Ana pun mengaku terkejut saat mendengar kabar duka meninggalnya Tjahjo Kumolo. Ia kemudian menceritakan bahwa Tjahjo Kumolo sering mampir untuk makan di warungnya saat berkunjung ke Semarang.

“Sudah lima kali makan di sini. Kalau mau ke Jakarta langsung mampir makan di sini bersama timnya. Sukanya makan srimping, udang saus besar, sukanya itu. Tapi kadang tidak dimakan semua. Mangut juga, beliau suka. Orangnya itu pendiam, sabar, dan merakyat. Saya pernah ngobrol dan ini foto saya sama beliau,” ujarnya sambil menunjukkan foto bersama Tjahjo Kumolo yang dipajang di samping fotonya bersama Ganjar Pranowo.

Seperi diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo,Jakarta, Jumat, sekitar pukul 11.10. Sebelum meninggal, Tjahjo sempat menjalani perawatan selama beberapa pekan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.