SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto:learnstoplaydrums.com)

Ilustrasi (Foto:learnstoplaydrums.com)

SOLO–Gelaran bidang musik skala nasional kembali dilangsungkan di Kota Solo saat pengujung tahun nanti.  Kali ini festival yang bakal digelar 1 Desember di Teater Arena Taman Budaya Surakarta (TBS) itu hanya mengangkat para penggebug drum lokal dan nasional dalam acara bertajuk Solo City Drum Fest 2012.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Jika biasanya seorang drummer berada di belakang untuk bermain sambil menjaga tempo sebuah lagu. Dalam acara ini para pemain drum ini bakal menyedot perhatian publik dengan menunjukkan kemampuan mereka mulai dari teknik, sampai set drum dengan karakter khas masing-masing pemain.
Masing-masing drummer diberi kesempatan untuk memainkan lagu tanpa vocal  maupun  mengeksplorasi permainan mereka.
Seolah ingin mengikuti kesuksesan Bandung Drums Day yang sudah resmi menjadi agenda tahunan Kota Kembang, Solo City Drum Fest 2012 yang diadakan oleh Solo City Drummers Community (SCDC) ini juga menghadirkan sekitar lima drummer nasional.
Nama-nama yang sudah masuk dalam daftar mereka adalah drummer Netral, Setia Band dan Ray dari Idola Cilik. “Nama-nama itu yang kami ajukan, namun tergantung dari perusahaan drumnya nanti mengirimkan  siapa. Dan pastinya itu adalah drummer nasional dari perwakilan masing-masing perusahaan yang men-support si artis, misal Yamaha,” ucap angota SCDC, Uziel Jayadi, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin (29/10/2012), di markas SCDC daerah Dawung Tengah, Serengan.  
Uziel menjelaskan, selain lima drummer berkelas nasional, sebanyak 25 drummer lokal juga bakal dilibatkan. Ditambah beberapa drummer dari berbagai institusi seni di Solo. Drummer lokal diberi kesempatan pentas sekitar 20 menit, sedangkan drummer nasional sekitar 30 menit.
Pestanya para drummer itu rencananya juga bakal dimeriahkan dengan pertunjukan ensemble dari SCDC dan diskusi tentang drum bersama para pemain. Sementara, dalam kesempatan yang sama juga bakal digelar whorkshop drum dan pameran beberapa set drum para artis yang pentas di Pendapa Ageng TBS. “Nanti  di sela-sela main ada sedikit obrolan dan diskusi musik tentang drum,” tambah Uziel.

Ketua pelaksana acara, Adi Edong, Senin, menambahkan acara tersebut juga mendapatkan support dari Arie Hardjo, drummer band Tipe-X. Mengambil tema Breaking Silence Beating the Drum, ia berharap acara tersebut bisa menjadi salah satu ajang diskusi antar pemain drum di Solo dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya