Tito Tugas ke LN Akhir Pekan, Surat Tata Naskah Mendagri Ad Interim Dicabut
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/11/2019). (Antara-Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud Md ditunjuk menjadi Mendagri Ad Interim menggantikan Tito Karnavian yang menjalankan tugas ke luar negeri (LN). Sempat ada surat berisi petunjuk tata naskah untuk Mendagri Ad Interim. Namun surat itu dibatalkan karena Tito ke luar negeri di akhir pekan.

Surat petunjuk tata naskah itu sempat memicu spekulasi soal penunjukan Mahfud Md sebagai Mendagri Ad Interim. Namun surat itu dibatalkan karena Tito Karnavian hanya ke LN dua hari.

"Surat sudah diralat dan dibatalkan. Tadinya dibuat untuk administrasi internal karena Mendagri akan tugas ke luar kota," kata Kapuspen Kemendagri Benny Irwan kepada wartawan, Jumat (28/8/2020).

Mahfud Md Jadi Mendagri Ad Interim, Ada Apa dengan Tito?

Tito diketahui ke Singapura pada 28-30 Agustus. Kemendagri sempat mengeluarkan surat tata naskah untuk Mendagri Ad Interim. Hal dalam surat bernomor 821.1/4837/SJ itu adalah: "Penunjukan Menteri Dalam Negeri Ad Interim".

Namun karena Tito ke luar negeri di akhir pekan, tak akan ada surat menyurat di Kemendagri. Surat itu pun dicabut.

"Karena Sabtu Minggu tidak ada administrasi surat di Kemendagri, maka tidak diperlukan surat tersebut," kata Benny.

Antisipasi Karhutla, Perhutani akan Bikin Bak Penampungan Air di Lereng Lawu Karanganyar

Sebelumnya, Sesmensesneg Setya Utama menyebut Tito Karnavian bertugas hingga Minggu (30/8/2020). Menurut Setya Utama, penunjukan Mendagri Ad Interim dilakukan ketika pejabat definitif bertugas ke luar negeri sudah sesuai ketentuan.

"Mendagri ke LN [luar negeri] 28 sampai dengan 30 Agustus. Aturannya seperti itu," kata Setya Utama  saat dimintai konfirmasi, Jumat.

Indahnya Curug Silawe, Tempat Mandi Para Bidadari

Sumber: Detikcom



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom