Penampilan Titi Kamal di film Makmum (Instagram)

Solopos.com, SOLO – Artis Titi Kamal mengalami kejadian mistis saat salat. Dia diikuti makhluk halus penghuni asrama dalam film terbarunya, Makmum. https://www.solopos.com/topic/113/Film-terbaru">Film horor terbaru garapan Blue Water Films dan Dee Company itu tayang di bioskop empat negara (Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam) mulai, Kamis (15/8/2019).

https://www.solopos.com/topic/113/Film-terbaru">Film terbaru Makmum bercerita tentang sesosok makhluk gaib yang meniru gerakan salat dan menyerukan suara takbir di belakang penghuni asrama saat sedang salat. Gangguan tersebut membuat penghuni asrama tidak bisa konsentrasi beribadah.

Gangguan makhluk halus itu dimulai sejak kedatangan Rini [diperankan Titi Kamal] untuk menjadi pengurus asrama atas permintaan Ibu Kinanti (Jajang C Noer). Rini diminta menggantikan pengurus asrama sebelumnya yang kesehatannya telah menurun. Rini yang kesehariannya bekerja sebagai pengurus jenazah menerima permintaan Ibu Kinanti tersebut.

Selang beberapa waktu kemudian, tiga siswi penghuni asrama Nurul (Tissa Biani), Nisa (Bianca Hello), dan Putri (Adila Fitri) mendapat gangguan dari sesosok perempuan saat sedang salat. Mereka mengeluhkan gangguan tersebut kepada ketua asrama Rose (Reny Yuliana), namun hal itu tak digubris.

Kejadian itu bertambah menjadi tidak kondusif setelah Putri sering kesurupan. Sampai akhirnya Rini selaku pengurus asrama menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengan asramanya. Dia yang mencoba menguak misteri gangguan makhluk halus itu tidak sadar nyawanya terancam.

https://www.solopos.com/topic/113/Film-terbaru">Film terbaru Makmum diadaptasi dari film pendek karya sutradara asal Yogyakarta, Riza Pahlevi, yang berjudul sama. Film pendek berdurasi delapan menit itu digarap oleh Riza Pahlevi dan teman-temannya sejak kuliah pada 2015 dan diunggah di akun Youtube miliknya dua tahun lalu.

Deeraj Kalwani, selaku produser https://www.solopos.com/topic/113/Film-terbaru">film terbaru Makmum, mengaku Riza Pahlevi sempat ragu mengangkat Makmum ke layar lebar. Namun, dia yakin proyeknya sukses karena film pendek tersebut sangat populer di Youtube. Bahkan, film itu diganjar sejumlah penghargaan dari festival film dari dalam dan luar negeri.

“Awalnya dia (Riza) agak ragu-ragu, tetapi dengan meyakinkan dia setelah beberapa kali ketemu, Riza setuju dan akhirnya kita kembangkan dari durasi delapan menit menjadi 91 menit untuk film layar lebar,” ujar Deeraj Kalwani, sebagaimana di kutip dari Antara, Kamis (15/8/2019).

Berdasarkan data di situs Filmindonesia.or.id, Jumat (16/8/2019), film terbaru Makmum telah mengantongi 51.387 penonton. Jumlah penonton kemungkinan bakal terus bertambah. Makmum bersaing dengan beberapa film lainnya, seperti Bumi Manusia, Perburuan, Wedding Agreement, dan Mahasiswi Baru. (Egitya Eryaningwidhi/Solopos.com)

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten