SOLOPOS.COM - Suasana di lokasi keberangkatan calon penumpang bus AKAP di Terminal Tirtonadi, Solo. (Solopos/dok)

Transportasi umum, Terminal Tirtonadi menjadi percontohan penerapan penjualan tiket bus secara online.

Solopos.com, SOLO —  Penjualan tiket bus secara online segera diterapkan di Terminal Tirtonadi, Solo. Ini akan menjadi proyek percontohan di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo, Eko Agus Santoso, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (3/10/2016), mengatakan Terminal Tirtonadi akan menjadi pilot project penerapan tiket bus online. Selain itu, tiket bus juga bisa dibeli dalam satu atap seperti di stasiun kereta api.

“[Tapi saya] Kurang tahu kapan mau diterapkan, masih dalam tahap koordinasi. Bulan lalu kami sudah berkoordinasi dengan Organda [Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan] dan Dinas Perhubungan dan Komunikasi [Dishubkominfo]. Bulan depan kami akan berkoordinasi lagi,” terang Eko.

Menurut dia, alasan ditetapkannya Terminal Tirtonadi sebagai pilot project tiket online karena terminal tersebut merupakan terminal transit sehingga jumlah trayeknya banyak. “Selain itu untuk menyamaratakan pelayanan di tiap terminal. Kita sekarang bisa lihat pelayanan tiap terminal kan beda-beda,” ujar dia.

Saat ini Terminal Tirtonadi melayani 19 trayek bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP). Perinciannya, 10 trayek AKDP dan Sembilan trayek AKAP.

Rencana pemerintah menerapkan pembelian tiket bus online disampaikan seusai Lebaran lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menerapkan pembelian tiket bus online pada angkutan mudik Lebaran 2017.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yosca Herman Soedrajat, mengatakan sistem pembelian tiket online di Terminal Tirtonadi masih digodok. Banyaknya bus yang masuk ke terminal tersebut membuat rumit pengintegrasian penjualan tiket satu atap dan secara online.

“Beda dengan stasiun yang hanya memiliki puluhan kereta. Pembuatan sistemnya relatif lebih mudah. Kalau terminal busnya kan ratusan, jadi pengintegrasian penjualan tiket memerlukan sistem yang matang dan tepat,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, selasa (4/10/2016).

Pembelian tiket bus secara online sebenarnya sudah mulai berjalan. Sejumlah perusahaan otobus (PO) memiliki website yang melayani pembelian tiket secara online, di antaranya bus Nusantara. Ada pula semacam market place untuk beli tiket bus online seperti bosbis.com, ayobis.com, dan bustiket.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya