SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Wacana kolam renang Tirtomoyo, Jebres diubah menjadi hotel pernah mencuat diusulkan pada 2006 silam. Hanya saja, wacana tersebut tidak disepakati DPRD lantaran nilai sejarahnya.

Ketua DPRD Solo, YF Sukasno, menuturkan kondisi pengelolaan kolam renang oleh PDAM yang dilaporkan selalu merugi memang sudah lama terjadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Usulan itu memang sudah lama mencuat. Saat saya masih di Komisi III ya sekitar 2006-2007 itu pernah mau ditutup. Tetapi setelah melihat sejarahnya, dulu kami tidak sepakat. Kalau merugi memang iya, tetapi sekarang sampai berapa saya tidak tahu besarannya,” terangnya, Kamis (22/11/2012), di DPRD Solo.

Sukasno menerangkan wacana terkait pembangunan hotel di Tirtomoyo memang diperlukan kajian mendalam. Hal ini lantaran bangunan tersebut memiliki nilai sejarah yang tidak bisa dipisahkan dari Kota Bengawan.

“Lihat saja bangunannya. Ya kami berharap supaya bangunan bersejarah di Solo tidak habis karena persoalan seperti ini. Makanya perlu kajian mendalam,” katanya.

Diutarakan politisi PDIP tersebut, guna mengatasi permasalahan kerugian yang dialami akibat pengelolaan kolam renang itu, PDAM tak harus mengubahnya menjadi hotel. Hal itu dapat dilakukan dengan berbagai inovasi baru guna menambah pemasukan atas pengelolaan Tirtomoyo.

Dia mencontohkan lantaran memiliki nilai sejarah, keberadaan Tirtomoyo bisa mendatangkan pemasukan lebih dengan memasukkannya dalam paket wisata.

“Sebenarnya itu bisa dijual mulai dari paket wisata. Ya dari Dinas Pariwisata bisa menggencarkan paket-paket wisata,” terangnya.

Dikatakannya, wisata merupakan salah satu potensi yang bisa djual dari Kota Bengawan. Wisata tersebut yakni wisata sejarah terkait keberadaan benda-benda ataupun sejarah masa lampau. “Jadi mikirnya tidak harus praktis-praktis saat ini saja dengan mengubah bagian yang memiliki nilai sejarah menjadi komersil. Ya kalau seperti itu hancurlah kota ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya