SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Healthynutritiondiet)

Ilustrasi (Healthynutritiondiet)

Memiliki tubuh ramping dan badan yang sehat tentunya menjadi idaman siapa saja. Berikut beberapa cara menurunkan berat badan dengan cara yang sehat:

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Hitung  IMT

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda jika menyangkut penurunan berat badan. Semua ini tergantung pada bentuk tubuh, gaya hidup, aktivitas sehari-hari, dan kemampuan metabolisme. Sebelum mulai diet, coba hitung dulu Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) Anda. Caranya adalah menggunakan berat badan dibagi kuadrat tinggi dalam meter, contohnya berat Anda 77 kg dan tinggi 176 cm. Maka BMI atau IMT Anda adalah 77/(1,76)2 = 24,86.

Jika IMT berada di atas 25 maka tubuh Anda dianggap overweight, sementara jika lebih dari 30 dianggap obesitas. Idealnya Anda memiliki IMT antara 22-24 untuk disebut sehat dan proporsional.

 Ubah Gaya Hidup

Untuk memiliki tubuh yang sehat, Anda harus aktif secara fisik. Jangan hanya menahan makan untuk menjadi lebih ramping, karena latihan dan olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup Anda. Jika tak punya waktu untuk ke gym, setidaknya luangkan waktu untuk jogging atau berjalan setiap pagi selama 30 menit.

Pola Makan Sehat

Diet bukan berarti menahan makan dan membuat diri sendiri kelaparan. Sebaliknya, Anda bisa memulai pola makan sehat dengan meninggalkan makanan berminyak dan manis, karena memiliki kalori tinggi tanpa nutrisi bermanfaat. Pilih makanan dengan serat tinggi, seperti gandum dan beras merah yang membuat perut terasa kenyang dan menahan rasa lapar lebih lama.

Sementara untuk camilan, bisa memilih buah dan sayuran. Sementara telur dan susu merupakan makanan kaya protein yang sangat bagus untuk sarapan, sekaligus membuat metabolisme tubuh lebih baik di pagi hari.

Ayushveda/Fitsugar/JIBI/Kabar24

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya