Tutup Iklan

Tips Travelling Tetap Asyik Tanpa Mengotori Lingkungan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Berwisata menjadi salah satu hobi yang dilakukan banyak kalangan  di waktu senggang. Pantai dan gunung merupakan tempat favorit yang dikunjungi para pelancong.

Namun banyak dari traveler yang ternyata meninggalkan sampah dan mengotori lingkungan dengan barang-barang seperti botol plastik minuman atau kemasan plastik makanan.

Agar perjalanan piknik Anda tak meninggalkan sampah, simak zero waste travelling tips berikut:

-Bawa botol minum

Hal paling mudah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan sampah saat travelling adalah dengan membawa botol minum sendiri.

Dengan membawa botol minum sendiri, sudah pasti kita akan meminimalkan sampah botol plastik air mineral. Saat air habis, kita bisa refill apalagi saat ini sudah banyak tempat isi ulang air minum di tempat-tempat umum seperti taman, bandara, dan tempat umum lainnya.

-Bijaksana memilih tempat makan

Travelling terasa hambar jika kita tidak mencoba makanan khas setempat. Nah, untuk meminimalkan sampah makanan ada baiknya kita memilih untuk makan di tempat. Dengan makan di tempat, selain menjaga lingkungan kita bisa lebih menikmati makanan dan suasananya.

Selain itu, kita bisa memilih tempat makan yang tidak menyediakan makanan dengan alas kertas atau bahan plastik seperti styrofoam. Jangan lupa untuk menghabiskan makanannya ya!

-Bawa toiletries sendiri

Dengan membawa toiletries sendiri, kita meminimalkan penggunaan toiletries yang disediakan di hotel ataupun pesawat yang biasanya hanya akan digunakan sekali saja kemudian dibuang.

Kita dapat meminimalkan pembuangan sampah botol plastik beserta isi dari toiletries yang disediakan hotel ataupun pesawat.

-Bawa reusable kit

Reusable kit adalah wadah atau tempat yang bisa dilipat kecil seperti small container, tumblr, alat makan dan sapu tangan. Barang-barang tersebut selain bisa digunakan berkali-kali juga tidak “memakan” banyak tempat sehingga dapat dibawa ke mana-mana.

Travelling identik dengan segala sesuatu yang praktis, seperti penggunaan bahan plastik yang hanya sekali pakai lalu dibuang. Dengan menerapkan zero waste travelling, kita dapat menjalani hobi sekaligus tetap menjaga lingkungan. Memang dibutuhkan persiapan lebih, namun zero waste travelling sangat mudah dilakukan. Perubahan kecil asal dilakukan terus-menerus dapat memberikan dampak besar,” ujar Founder Zero Waste Nusantara, Jeanny Primasari,  dalam rilis yang diterima Bisnis/JIBI, Sabtu (27/7/2019).


Berita Terkait

Berita Terkini

Bikin Akhir Tahun Tak Terlupakan di Best Western Premier Solo Baru

Hotel Best Western Premier Solo Baru, Sukoharjo kembali menghadirkan serangkaian program serta promo menarik di pengujung tahun ini.

Sinopsis Layangan Putus Hingga Episode 3, Kemesraan Reza Rahadian-Anya

Berikut ini terdapat sinopsis lengkap serial drama Layangan Putus dari episode 1, 2, hingga 3, yang memunculkan kemesraan Reza Rahadian dan Anya Geraldine.

Polres Boyolali Salurkan Bantuan Logistik ke Korban Erupsi Semeru

Polres Boyolali mengirimkan bantuan logistik kepada para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Jatuh dari Panggung, Polah Penari Waria di Sragen Ini Bikin Auto Ngakak

Keriuhan penonton pecah saat Excel, seorang waria anggota Sedap Malam Sragen terjatuh dari panggung ketika sedang menari.

Dorong Transformasi, Ini Strategi Darmawan Prasodjo Nakhodai PLN

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo akan melanjutkan transformasi di segala lini untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan sehingga dapat mendongkrak perekonomian nasional.

Doa Supaya Tidak Mudah Lupa dan Kuat Ingatan dalam Islam

Berikut ini terdapat doa supaya tidak mudah lupa dan kuat dalam ingatan menurut ajaran Islam. Dibaca setelah salat wajib 5 waktu ya!

Bocoran Cara Jadi Pemenang Lomba Astra, Biar Dapat Hadiah Motor

Bagaimana sih cara menjadi pemenang dalam Lomba Astra 2021 dan mendapatkan hadiah? Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Sukorejo Sragen Usung Paket Wisata Menari dan 10 Menit Belajar Gamelan

Kampung Wisata Sukorejo, Sragen, menawarkan paket wisata belajar menari dan bermain gamelan dalam waktu 10 menit.

Bergerak Variatif! Cek Harga Emas Pegadaian, Rabu 8 Desember 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Rabu (8/12/2021) bergerak variatif untuk cetakan UBS maupun Antam.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Bagaimana sih cara mengatasi nyeri lutut yang dialami oleh seseorang, apakah diperbolehkan dipijat? Yuk cari tahu di sini!

Single Parent, Bu Harsi "Tengkleng" Besarkan 2 Anak Hingga Lulus Kuliah

Sejak ditinggal mati suaminya, Harsi, 55, harus berjuang sendirian membesarkan dua putrinya hingga lulus kuliah. Di balik sosoknya yang belakangan menjadi buah bibir masyarakat, Harsi adalah sosok ibu pekerja keras dan menjadi tulang punggung keluarga.

+ PLUS Tari dan Matematika Mengungkap Nilai Spiritualitas Sehari-Hari

Etnomatematika adalah konsep matematika yang diaplikasikan menjadi aktivitas, kebiasaan, atau adat kehidupan masyarakat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

10 Berita Terpopuler: PPKM Level 3 Nataru Batal hingga Ramalan Jayabaya

Kabar keputusan pemerintah batal menerapkan PPKM level 3 di semua wilayah Indonesia saat momen libur Nataru dan ramalan Jayabaya menjadi berita terpopuler di Solopos.com Rabu (8/12/2021).

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (8/12/2021): Ada 2 Film Baru

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Rabu, 8 Desember 2021 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Banyak film seru dan baru hlo!

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Rabu, 8 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.