SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tips traveling kali ini mengulas soal trik mengatasi liburan saat dompet tipis.

Solopos.com, JAKARTA — Sebagian orang merasa sulit mengatur liburan karena berpikir tidak memiliki cukup uang untuk sekadar plesir ke tempat wisata. Tapi, tahukah Anda? Ada beberapa tips jitu agar Anda tetap bisa menikmati masa liburan meski kondisi keuangan sedang tipis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Liputan6 dari berbagai sumber, Rabu (4/11/2015), berikut tips agar tetap asyik liburan meski tak punya banyak uang.

1. Persiapan dengan Riset
Anggaran yang sangat menipis dan terbatas tentunya membuat tahapan ini merupakan proses paling panjang untuk Anda mempertimbangkan liburan. Usahakan untuk melakukan riset terlebih dahulu perihal tempat-tempat apa saja yang bisa dikunjungi dan akomodasinya. Kalau memungkinkan, cari tempat wisata dan akomodasi yang gratis sehingga isi kantong tidak terkuras.

2. Gunakan Transportasi Umum
Salah satu cara untuk menghemat anggaran liburan Anda adalah dengan menggunakan transportasi umum. Bahkan untuk beberapa kondisi, nebeng atau menumpang teman atau orang lain sangat berguna untuk menghemat pengeluaran Anda. Menggunakan transportasi umum akan membantu Anda bertemu dengan banyak orang yang bisa dijadikan teman liburan sehingga memungkinkan peluang Anda bisa berhemat.

3. Pilih Makanan Lokal
Memilih makanan lokal dan pinggiran bukan berarti menghilangkan esensi dari wisata kuliner. Malah, makanan tersebut mendekatkan diri Anda dengan nilai kearifan lokal setempat. Hal ini jelas berguna untuk menghemat anggaran liburan Anda.

4. Menawar
Bagi sebagian orang, kegiatan ini agak merepotkan dan memakan waktu lama saat berlibur. Padahal, cara ini ampuh untuk menekan biaya liburan. Selain itu, aktivitas ini akan melatih Anda untuk lebih waspada kepada beberapa oknum pedagang yang berniat menipu Anda.

5. Tak Harus Jauh
Berlibur tak harus ke lokasi wisata yang jauh. Pilih lokasi atau tempat wisata yang sesuai dengan isi dompet Anda. Cara ini lebih bijak untuk mengatasi anggaran tipis Anda. Ingat, esensi liburan adalah untuk menikmati waktu senggang dengan orang-orang tercinta. Tempat wisata sederhana pun akan terasa menyenangkan jika bersama orang yang Anda sayangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya