SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita flu (youngandraw)

Solopos.com, JAKARTA -- Kondisi kesehatan rentan terganggu saat ada perubahan cuaca ekstrem khususnya di masa pancaroba. Saat masa peralihan musim, imunitas setiap orang bisa menurun dan mudah terserang virus.

Dokter umum Arya Wiranata mengungkapkan saat musim pancaroba, setiap orang harus meningkatkan imunitas dengan cara cukup minum air putih dan istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan bergizi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Saat pancaroba diperbolehkan minum vitamin, tetapi kalau sudah memakan makanan yang bergizi maka hal tersebut sudah cukup," ungkapnya kepada Bisnis/JIBI, Rabu (30/10/2019).

Selama mengobati pasien, Arya kerap menemukan pasien yang kurang istirahat. Saat istirahat kurang, pasien lebih memilih mengonsumsi vitamin agar tetap bugar dan terhindar dari penyakit.

Arya memperbolehkan setiap orang memakan vitamin bila memiliki perkerjaan yang cukup banyak dan membuat tubuh letih.

Namun dia menyarankan supaya setiap orang tetap memiliki waktu tidur sekitar tujuh jam dalam sehari.

Arya menuturkan tidak ada gunanya mengonsumsi kapsul vitamin setiap hari tetapi tubuh kurang istirahat. Istirahat merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh.

Di sisi lain, Arya menyarankan masyarakat untuk menyediakan paracetamol di rumah. Sebab gejala awal dari sakit adalah demam dan pusing.

Tips lain yang harus dilakukan masyarakat menghadapi musim pancaroba adalah berolahraga ringan. Olahraga ringan adalah jalan kaki atau lari kecil, dengan menyisihkan waktu tiga kali dalam sepekan.

Kasus lain yang sering terjadi yakni bila dalam satu kantor ada yang flu dan pilek, maka orang yang kurang istirahat akan memiliki penurunan sistem imun. Orang tersebut akan mudah tertular virus.

Dia menyarankan orang sedang flu untuk menggunakan masker saat berada di tempat kerja. Penggunaan masker akan meminimalisir penularan virus tersebut.

Flu sangat cepat menular di dalam kantor, sebab tidak ada ventilasi. Hal ini membuat virus hanya berada di ruangan tersebut dan menjangkit orang yang berada di ruangan tersebut.

Biasanya, bila ada satu orang yang flu di dalam kantor maka orang tersebut bakal menulari orang-orang yang berada di ruangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya