Tutup Iklan
Ilustrasi seleksi CPNS. (Solopos-Dok.)

Solopos.com, JAKARTA -- Perekrutan calon pegawai negeri sipil (CNS) kabarnya akan dibuka November 2019. Bagi Anda yang berminat berkompetisi dalam seleksi penerimaan CPNS tahun ini, berarti masih sisa waktu beberapa pekan lagi untuk mempersiapkan diri.

Psikolog Viva Darma Putri, M.Psi, kepada Antara mengatakan para peserta tes CPNS harus sering berlatih mengerjakan soal karena hal ini menjadi bagian dari mempersiapkan diri secara psikologis dan kognitif.

Dia menjelaskan latihan soal akan membuat peserta seleksi CPNS lebih siap menjawab pertanyaan yang diujikan dengan benar dan cepat.

"Berlatih mengerjakan soal-soal latihan itu sebenarnya melatih kita mempersiapkan diri baik secara kognitif maupun psikologis," ujarnya, Jumat (11/10/2019).

Viva Darma Putri menambahkan para peserta tes CPNS semestinya sudah melakukan riset mengenai apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan, terutama terkait soal.

Viva menuturkan para peserta bisa menggunakan banyak contoh soal, misalnya seperti yang ada di aplikasi ponsel sehingga lebih mudah untuk belajar.

Selain itu, ungkap dia, manajemen waktu juga wajib diperhatikan. Misalnya, pada latihan hari pertama, calon peserta seleksi CPNS terlebih dulu melihat-lihat contoh soal yang dimiliki, kemudian mempelajarinya.

"Hari berikutnya mulai mencoba mengerjakan soal-soal dan dihitung waktu pengerjaan per sesi, sehingga kita jadi mendapatkan gambaran kalkulasi waktu untuk pengerjaan per soal per sesi," jelas Viva.

Viva turut memberikan trik untuk menghemat waktu, yakni selalu kerjakan soal yang lebih mudah sehingga peserta memiliki waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan soal yang sulit.

Dia menguraikan hal lain yang harus diingat adalah tenang dalam mengerjakan soal.

Biasanya, lanjutnya, jika peserta tes CPNS sudah panik maka justru terjadi kebuntuan dalam berpikir sehingga membuat soal yang sebenarnya tidak sulit menjadi sulit dikerjakan.

Terakhir, Viva menyatakan, peserta tes CPNS harus siap mental untuk tidak lolos. Dalam artian, siap dan tak kecewa berkepanjangan jika ternyata nantinya tidak berhasil dalam tes CPNS.

"Sehingga tidak merasa terlalu terpuruk. Ada baiknya mempunyai rencana cadangan jika tidak lolos tes," tambah Viva.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten