SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Tips smartphone kali ini tentang cara memperluas memori di ponsel Android.

Solopos.com, SOLO — Apakah Anda tidak bisa memasang aplikasi baru pada smartphone Android? Bila iya, mungkin karena memori smartphone Anda sudah terlalu penuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dikutip dari Android Central, Rabu (20/7/2016), ada beberapa cara untuk memperluas memori internal. Berikut sejumlah tips untuk membebaskan memori pada smartphone Android:

1. Cek Penggunaan Memori Smartphone

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membebaskan ruang penyimpanan pada Android adalah dengan mengecek kapasitasnya.

Caranya dengan buka Settings, geser ke bawah dan pilih Storage and USB. Selanjutnya cek Apps dan Processes untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan yang telah digunakan.

2. Uninstall Aplikasi Lama atau Tak Terpakai

Di antara berbagai aplikasi yang banyak diunduh di Android, pasti ada beberapa yang tak dipakai. Daripada hanya menghabiskan ruang penyimpanan lebih baik untuk meng-uninstall aplikasi tersebut.

Caranya dengan masuk ke Setting kemudian tap menu Applications atau Apps. Ketuk pada aplikasi yang hendak Anda uninstall. Selanjutnya pilih uninstall untuk menghapusnya.

3. Cek dan Hapus Unduhan Tak Penting

Bila memiliki kebiasaan mengunduh setiap file yang dikirimkan oleh orang lain, kemungkinan Android Anda memiliki kepenuhan muatan. Meski begitu, menu download tak selalu ada pada tiap smartphone.

Namanya mungkin bisa bermacam-macam, Anda bisa menghapusnya untuk meringankan memori smartphone Android. Caranya dengan masuk ke File Manager, kemudian pilih downloads, kemudian pilih file mana saja yang ingin Anda hapus.

4. Hapus Video Berkapasitas Besar

Hal lain yang perlu dilakukan untuk membebaskan memori Android adalah dengan menghapus video yang memiliki kapasitas memori besar atau memindahkannya ke komputer bila video tersebut penting.

5. Gunakan Kartu MicroSD

Perlu diingat tak semua smartphone mendukung slot kartu memori eksternal. Namun, bila Android Anda memiliki slot microSD, sebaiknya memindahkan memori yang tersimpan di ruang penyimpanan internal ke microSD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya