SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Tips smartphone kali ini mengulas cara tepat menggunakan smartphone Android.

Solopos.com, SOLO — Di era digital sekarang, pertumbuhan smartphone Android sangat pesat dan rata-rata semua kalangan masyarakat memiliki perangkat tersebut.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Tidak sedikit dari mereka yang menggunakannya secara tidak bijak, khususnya untuk pengguna smartphone jenis Android. Pengguna memang diajarkan selalu lebih cerdas ketimbang smartphone.

Pengguna smartphone Android harus bisa mengetahui cara mengatur sistem keamanan dan menginstal aplikasi penting agar menghemat baterai ponsel Anda.

Apa saja yang harus dilakukan agar smartphone Android Anda, dapat berfungsi sebagaimana mestinya? Berikut ini tips untuk menggunakan smartphone Android, sebagaimana dihimpun dari Okezone, Senin (16/11/2015).

Mengatur Sistem Kontak Smartphone

Pengguna sebaiknya mengatur panggilan telepon, apabila ingin menyampaikan pesan dari teman-teman Anda dan kemudian ingin berbicara dengan mereka ketika Anda sedang sibuk.

Mengatur volume panggilan dengan memilih hit priority dan setting cog, jadi bisa memilih menerima panggilan, pesan, pengingat dan bisa memblokir kontak teman Anda yang cerewet.

Menggunakan Dua Jari Tangan

Selama ini kebanyakan pengguna masih menggunakan satu jari untuk menggesekkan layar sentuh pada layar smartphone Android. Cobalah dengan kedua jari jempol Anda agar mendapati pengaturan menu notifikasi dengan cepat.

Dengan begitu pengguna dapat mengontrol cara pintas untuk menyentuh menu aplikasi hotspot, Wifi, Bluetooth dan lainya di ujung jari dengan sedikit menghilangkan kerumitan.

Mengatur Privasi Smartphone

Pengguna harus mengatur privasi smartphone untuk kenyamanan, dengan membuat smart lock atau kunci layar agar terhindar dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, smartphone juga berfungsi sebagai pengawas ketika berada di kantor atau di rumah, dapat mengawasi Anda dengan mengaktifkan paramater lalu pengguna akan mendapatkan kode akses dengan cara setting > security > trust agenst > smart lock.

Meningkatkan Daya Tahan Baterai

Sistem OS Android 6.0 Marshmallow telah memperkenalkan fitur Doze, untuk meningkatkan daya tahan baterai. Selain itu, masih ada cara untuk meningkatkan daya tahan smartphone seperti Mode Power Save.

Mulai sekarang smartphone Anda harus memiliki pilihan Mode Power Save, sebab fitur tersebut akan mengurangi cahaya layar sehingga dapat bertahan dan menghemat baterai selama masih dalam perjalanan.

Mengendalikan Penggunaan Data

Pengguna disarankan memiliki ekstra disiplin, agar dapat mengendalikan penggunaan data yang berlebihan. Agar terhindar dari tagihan atau mengisi pulsa untuk pengisian paket kuota dalam waktu singkat.

Dengan cara visit settings > data usage. Anda dapat melihat grafik berapa banyak data yang telah digunakan selama satu bulan berdasarkan paket bulanan yang didaftar sebelumnya.

Isi Smartphone dengan Ratusan Aplikasi Gratis

Di dalam Google Play Store terdapat banyak aplikasi, baik itu aplikasi berbayar atau gratis, jadi pengguna disarankan mengisi ratusan aplikasi-aplikasi gratis di smartphone Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya