SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

Tips smartphone kali ini tentang penyebab ponsel panas dan cara menghindarinya.

Solopos.com, SOLO — Pernahkah merasa ponsel Anda begitu panas? Entah terjadi dengan sendirinya atau apakah Anda memiliki aplikasi yang berjalan di background. Namun pada kenyataannya, tak mudah untuk mengetahui alasan ponsel menjadi panas.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Banyak hal yang dapat mengakibatkan ponsel menjadi panas. Mari cara tahu apa saja penyebab ponsel panas, sehingga bisa dihindari. Berikut ini beberapa penyebab ponsel panas yang dihimpun dari Makeuseof, Jumat (29/7/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Periksa Baterai dan Kabel Charge

Hal yang perlu dipertimbangkan saat ponsel panas adalah memeriksa charge kabel dan baterai. Bila Anda memiliki ponsel lawas yang sudah overcharge, maka overheating smartphone bisa terjadi di sini.

Tak hanya itu, Anda juga harus memeriksa kualitas kabel charge Anda. Smartphone tak melulu harus panas ketika diisi. Ketika hal ini terjadi, bisa saja baterai rusak atau kabel charge berkualitas buruk.

Menggunakan Wifi Secara Berlebihan

Smartphone bisa saja menjadi panas karena penggunaan wifi yang berlebihan. Khususnya para pengguna Android, mereka rentan terhadap aplikasi berjalan di background dengan memanfaatkan sumbernya, seperti CPU dan wifi, atau bahkan mobile Internet. Bila aplikasi diizinkan menggunakan cara ini, hal ini bisa membuat panas handphone Anda.

Untuk mengatasinya, salah satu caranya bisa gunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa mengidentifikasi dan menempatkan aplikasi nakal ke hibernasi. Sementara ini menempatkan fungsi background ke luar layanan, Anda bisa yakin hal itu juga akan berarti penggunaan sumber daya berkurang, sehingga bisa membantu untuk menjaga smartphone Anda dari overheating.

Case Smartphone

Para pemilik ponsel terkadang mengabaikan case yang digunakan sebagai penyebab smartphone panas. Hampir setiap case dibuat dari plastik, dan bahkan mereka yang dibuat dengan kulit memiliki masalah yang sama.

Smartphone akan seperti terisolasi, menyimpan panas di dalam, dan menyebabkan ponsel terasa hangat. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencopot case smartphone untuk sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya