SOLOPOS.COM - Ilustrasi seorang pria yang kesal karena baterai smartphone lemah (golfgpsapp.com)

Tips smartphone mengenai mencegah baterai ponsel tidak meledak di pesawat.

Solopos.com, SOLOSmartphone terbaru Samsung Galaxy Note 7 belum lama ini dilarang dibawa penumpang ke dalam pesawat terbang karena sering meledak. Baterai terlalu panas adalah penyebab dari masalah ledakan yang sebenarnya bisa dicegah.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Ahli baterai Donald R. Sadoway dan Profesor Bahan Kimia John F. Elliott di Massachusetts Institute of Technology, memberi tahu saran agar baterai tidak kepanasan dan meledak. “Pertama, bila ponsel sedang diisi, cabut segera, selama itu aman untuk melakukannya. Kedua, Anda dapat mencoba menyelimuti telepon dengan kain anti terbakar,” pesannya seperti dikutip dari Travelandleisure, Rabu (12/10/2016).

Sadoway menambahkan, baterai sendiri sudah mengandung semua bahan yang menjadi bensin untuk pembakaran, seperti oksigen. Itu berarti menutupi ponsel dengan baterai panas dengan kain anti bakar bisa tidak bekerja seperti menghindari api dari oksigen.

“Intinya, pemanasan atau overheating dapat dihentikan. Tapi pemanasan tahap akhir sudah berpotensi tinggi memicu ledakan,” tuturnya. Ide terbaik ketika ponsel Anda tiba-tiba alami pemanasan berlebih adalah menjauh dari perangkat tersebut dan mencari bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya