SOLOPOS.COM - Baterai Samsung (Phonearena)

Tips smartphone kali ini tentang cara merawat baterai ponsel agar lebih awet.

Solopos.com, SOLO — Sering kali kita merasa kesal karena baterai ponsel tak sanggup bertahan dalam waktu satu hari saja. Tapi sebenarnya hal tersebut karena ulah kita sendiri yang bikin baterai cepat drop.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain menjalankan aplikasi yang menyedot daya yang besar, terkadang kita melakukan pengisian baterai secara tidak benar. Berikut ini tips atau langkah-langkah merawat baterai smartphone sebagaimana dihimpun dari Techinsider, Kamis (26/11/2015):

Lepaskan Charger Ketika Penuh

Berdasarkan laman Baterry University, meninggalkan ponsel yang tercolok dikondisi baterai penuh memberi efek buruk bagi baterai dalam jangka panjang.

Saat baterai sudah terisi penuh, lepaskan dari charger. Baterrey University mengibaratkan hal tersebut seperti merelaksasi otot setelah melakukan olahraga berat. Anda pasti tidak mau bekerja tanpa henti. Begitu pula baterai ponsel.

Jangan Charge Sampai 100%

Menurut Baterry University baterai Li-ion tidak memerlukan pengisian penuh. Jadi disarankan untuk tidak mengisi hingga 100%. Hal itu karena tegangan tinggi akan menekan baterai.

Charge Lebih Sering, Tidak Apa-apa!

Untuk membuat baterai bahagia lebih baik lebih sering mengecasnya. Hal itu dinilai lebih baik ketimbang mengisinya dalam kondisi kosong.

Battery University menyarankan mengecas ponsel sebelum mencapai 10%. Tapi tentu itu tidak praktis. Jadi isilah sesering mungkin. Tak perlu takut, karena hal tersebut tidak merusak baterai.

Pastikan Tetap Dingin

Baterai ponsel cukup sensitif terhadap panas. Ada beberapa saran yang patut dilakukan. Apabila Anda mendapati ponsel mengalami panas saat diisi ulang, coba lepaskan casing.

Apabila berada di bawah terik matahari, jaga ponsel tetap tertutup. Semua itu akan melindungi kesehatan baterai Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya