SOLOPOS.COM - Baterai Samsung (Phonearena)

Tips smartphone kali ini mengulas cara memperpanjang daya baterai.

Solopos.com, SOLO — Daya baterai cepat habis adalah salah satu masalah yang cukup sering dialami para pengguna smartphone.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu wajar terjadi mengingat selain untuk menghidupkan smartphone, daya baterai juga terserap oleh sebagian aplikasi yang berjalan di background, widget atau bahkan layar yang terlalu terang.

Kini Anda tak perlu khawatir lagi smartphone Anda tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau lupa membawa power bank. Berikut ini lima cara memperpanjang daya baterai smartphone, sebagaimana dihimpun dari Life Hack, Sabtu (12/3/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

1. Mengatur Kecerahan Layar

Jangan atur kecerahan layar hingga mencapai kecerahan maksimum. Hal itu tanpa disadari akan menguras daya baterai smartphone. Atur kecerahan layar seperlunya.

Apabila smartphone Anda dilengkapi oleh sensor cahaya, biasanya ada fitur auto brightness atau kecerahan otomatis. Jadi kecerahan layar akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya.

2. Mempersingkat Timeout Layar

Ketika Anda menggenggam smartphone Anda untuk mengetik e-mail, membalas pesan di Whatsapp, dan sebagainya tentu saja layar smartphone perlu tetap menyala. Namun, begitu selesai dan meletakkannya, layar smartphone Anda kadang masih saja menyala. Nah, tak ada salahnya bila Anda menyetel timeout layar ke waktu minimum.

3. Mematikan Cek E-Mail Otomatis

Salah satu fitur menarik di smartphone adalah push-mail. Dengan fitur ini, smartphone akan secara otomatis menerima setiap e-mail yang masuk. Pertanyaannya adalah, apakah setiap orang perlu fitur ini? Jawabannya tidak.

Karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda mematikan push-mail dan mengecek e-mail secara manual. Alternatif lainnya, Anda dapat menyetel push-mail dengan interval tertentu, misalnya per 30 menit, 60 menit atau 90 menit.

4. Mematikan Vibrasi (getar)

Sebagian di antara Anda mungkin suka menyetel smartphone di profil getar, terutama ketika sedang berada di situasi penting seperti rapat. Kali ini, sebaiknya Anda memikirkannya kembali karena getar ternyata memakan lebih banyak daya baterai ketimbang sebuah ringtone.

5. Menyingkirkan Widget

Memasang widget memang kelihatan keren. Tapi coba pikir sejenak, apa Anda betul-betul memerlukan widget tersebut? Apabila tidak, lebih baik Anda menyingkirkannya, terutama widget yang harus selalu terhubung ke Internet seperti widget informasi cuaca.

Lebih parahnya, apabila Anda memasang beberapa widget yang terus-menerus memperbarui informasinya melalui koneksi Internet akan memakan banyak daya baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya