SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Tips smartphone kali ini tentang enam langkah agar terhindari kecanduan ponsel.

Solopos.com, SOLO — Tanpa disadari, manusia semakin tergantung pada ponsel. Buktinya, menurut laporan tahunan Internet Trend oleh Kleiner Perkins Caufield & Byer’s, orang-orang mengecek ponselnya rata-rata 150 kali per hari.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Ketergantungan terhadap ponsel terbukti memberi dampak buruk. Hasil studi University of Missouri mengungkapkan seseorang yang terpisah dari Iphone dapat berdampak pada psikologi dan berakibat pada mental mereka.

Apabila  melihat hal itu, apakah Anda akan tetap tergantung pada ponsel? Atau bisakah Anda menahan diri agar smartphone tidak dapat mendistraksi pekerjaan Anda? Berikut ini enam cara agar tidak pengguna tidak kecanduan ponsel, sebagaimana dihimpun dari Liputan6.com, Sabtu (12/11/2015).

Atur Jadwal Panggilan

Cobalah membuat jadwal saat Anda mengambil dan menaruh ponsel, dan tak lupa informasikan kepada teman Anda. Anda bisa memasang catatan kecil pada email signature atau pesan suara business hours atau jam kerja. Tampaknya, cara ini dianggap ampuh agar Anda tetap produktif dan dapat menghindari distraksi.

Jadwalkan Waktu Respons Email

Di era informasi instan saat ini, orang sangat mudah untuk menggapai smartphone setiap saat hanya untuk mendengarkan pesan masuk, dan seketika Anda kehilangan fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Ketimbang itu, buatlah jadwal untuk mengecek dan merespons pesan email. Idealnya, satu jam di pagi hari dan satu jam di sore hari.

Pindai Pesan Suara dengan Asisten Virtual 

Dengan kehadiran teknologi modern saat ini, seperti Google Voice atau Access Direct, pesan suara Anda dapat diterjemahkan menjadi pesan teks dan dapat dikirimkan ke email Anda. Daripada mendengarkan pesan panjang, cukup pindai saja suara Anda menjadi pesan teks.

Gunakan Pesan Suara

Daripada meminta bantuan pada seseorang untuk meninggalkan pesan, sebaiknya berikan instruksi pada pemanggil untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Anda dapat mengatur pesan seperti “Hai, ini adalah [nama] dan aku sedang tidak di meja sekarang. Silakan tinggalkan nama, nomor telepon, zona waktu, dan waktu terbaik untuk kembali panggilan Anda.”

Batasi Percakapan Anda

Jangan lupa etiket dasar ketika menerima panggilan, yakni perkenalkan diri, tetap ramah, namun tetap taruh perhatian pada bisnis yang sedang dibicarakan. Tapi, jangan biarkan percakapan Anda berlangsung lebih dari 15 menit. Apabila perlu, Anda dapat mengatur timer. Ketika Anda hendak menutup panggilan, pastikan itu terjadi dengan cara yang sopan namun lugas.

Singkirkan Smartphone dari Meja Anda

Ketika Anda sadar telah kecanduan smartphone, taruh di ruangan atau pindahkan ke lokasi lain di mana Anda tak bisa mengeceknya setiap lima menit sekali. Sebab, apabila perangkat itu tepat ada di depan Anda, keinginan untuk melihatnya menjadi sangat besar untuk tahu siapa yang menghubungi Anda. Terlebih, apabila smartphone Anda memiliki notifikasi suara dan lampu LED notifikasi, itu dapat mengganggu konsentrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya