SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel teredam air (Dok)

Tips seluler kali ini mengenai ponsel terendam air.

Solopos.com, JAKARTA — Belakangan ponsel menjadi barang yang sangat berharga bagi pemakainya. Semua data-data penting, baik itu email perusahaan maupun aplikasi yang membantu pekerjaan tersimpan di ponsel. Namun, apa jadinya bila ponsel tiba-tiba terendam air karena terkena air hujan maupun teecebur? Yang jelas Anda tak perlu panik.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Teknologi sekarang ini sudah jauh lebih canggih untuk ponsel bisa mengatasi “masalahnya” sendiri.  Anda juga tidak perlu mengeluarkan kocek lebih dengan datang ke tempat service.

Sebagaimana diberitakan Okezone  ada enam langkah mudah mengatasi ponsel terendam air. Dikutip dari buku Cara Pintar Betulin Hape, Jadi Dokter Hape di Rumah, ada beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan langkah yang benar, sehingga penanganan ponsel tidak salah. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan juga tidak lebih besar dari harga ponselnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut ini tips seluler mengatasi ponsel yang terendam air:

1.  Lepaskan casing ponsel dan bila basah bisa di lap dengan kain lap lembut agar casing tidak rusak atau tergores.

2.  Gunakan obeng untuk membuka sekrup ponsel sehingga bisa terpisah antara LCD, PCB dan Body atau tulang tengah ponsel.

3.  Bersihkan accesories berupa Vibra, Mic, Speaker phone, LCD dengan hati-hati memakai lap lembut dan bersih.

4. Di bagian PCB yang terdapat IC, yang perlu dilakukan diantaranya hidupkan blower (solder uap) dengan ukuran udara (Air) 3 dan panaskan 3(Heater), ambil Pcb lalu blower dengan posisi miring agar air yang ada dibagian bawah IC bisa keluar. Lakukan dengan sabar dan merata hingga diperkirakan air sudah tidak ada dan kering pada Pcb.

Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih ke Pcb dan mengenai kaki-kaki bagian bawah, sehingga bila masih ada air maka air itu akan menyingkir, setelah itu blower.

5.  Finishing penanggulangan, beri Sioang K pada IC BGA, seperti IC Power, Charging, Audio dan pengontrol untuk keypad. Sebab pada bagian ini yang sering bermasalah. Selanjutnya, panasi sekali lagi dan biarkan Siong K meresap di kaki-kaki bawah, sehingga bisa menjadi perekat dan penyekat agar tidak terjadi konrsleting akibat air.

6. Adaptasi komponen, yakni setelah selesai penanganan ponsel, tidak perlu tergesa-gesa untuk memasang lagi, tapi usahakan untuk dibiarkan minimal 1-2 hari, sehingga betul-betul sudah terjadi netralisasi.

Banyak ponsel bisa diperbaiki setelah kena air tapi tidak berumur panjang, karena terburu-buru dalam menanganinya dan ingin cepat bisa memfungsikan ponselnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya