SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa Ramadhan (boston.com)

Tips sehat kali ini mengenai kebiasaan puasa.

Harianjogja.com, SLEMAN – Puasa memiliki banyak manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dosen Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Titik Rahayu mengatakan manfaat puasa untuk kesehatan cukup banyak, di antaranya membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kemampuan otak, mencegah diabetes dan menyehatkan ginjal. Selain itu puasa juga dapat mengontrol berat badan dan mambuang racun dalam tubuh.

Menurut dia, puasa berdampak pada kesehatan jantung karena tubuh melakukan peningkatan High Density Lipoprotein dan menurunkan Low Density Lipoprotein yang baik untuk jantung dan pembuluh darah.

“Bahkan puasa juga dapat mengontrol konsumsi makanan berlemak dan gula sehingga bisa mencegah diabetes dan penyakit turunannya” kata Tutiek Rahayu saat sarasehan bagi dosen dan karyawan, akhir pekan lalu. .

Pembicara lain, Ikhwan Zein dalam paparannya mengatakan dalam bulan Ramadan terjadi pergeseran pola makan minum, waktu istirahat dan aktivitas keseharian. Akibatnya tubuh merespon dengan gula darah yang menurun, dehidrasi dan meningkatnya asam lambung. Gejala yang timbul adalah pusing, lemas dan mual muntah.

“Solusinya adalah menjaga makanan berbuka dan sahur yang sehat,” kata Ikhwan Zein.

Menurutnya saat berbuka makan secukupnya yang sesuai dengan pola gizi seimbang yaitu cukup karbohidrat, protein serta mengkonsumsi sayuran dan buah. Sedangkan sahur yang sehat juga termasuk makan sayur dan buah, sedapat mungkin hindari makanan yang digoreng dan mengutamakan rebusan. Untuk mengurangi rasa haus kurangi konsumsi garam saat sahur karena meningkatkan kebutuhan air dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya