Tips Sederhana Ini Bisa Mengatasi Kebosanan Isolasi Diri
Ilustrasi bosan (123rf.com)

Solopos.com, SOLO – Tips sederhana ini diyakini ampuh mengatasi kebosanan selama menjalani isolasi diri di rumah. Isolasi diri penting untuk mencegah penularan penyakit virus corona (Covid-19).

Banyak tips sederhana dibagikan untuk mengatasi kebosanan isolasi diri salah satunya berkebun. Selama menjalani isolasi di rumah seseorang masih bisa menanam pohon di pekarangannya.

Lockdown India, Warga Lebih Takut Mati Kelaparan daripada Corona

"Menanam pohon di perkarangan rumah itu bisa membantu mengendalikan emosi selama di social distancing," kata Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Prof. Purnawan, dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Ia menjelaskan rasa bosan yang timbul akibat menjalami isolasi diri setidaknya selama 14 hari adalah wajar. Sebab, biasanya orang akan berinteraksi sosial untuk mengatasi kebosanan.

Cerita Pasien Sembuh Corona Solo: Saya Cuma Merasa Haus

Purnawan melanjutkan aktivitas berkebun sangat cocok untuk kelompok berisiko seperti usia lanjut. Kelompok berbeda dengan mereka yang memiliki kegiatan rutin misalnya karyawan yang bekerja dari rumah.

Tak hanya itu, tips sederhana mengatasi kebosanan lainnya adalah dengan dengan mengasuh cucu. Namun, perlu diperhatikan pula peluang lanjut usia yang rentan tertular Covid-19.

Ribuan Orang Mudik ke Klaten Saat Pandemi Corona, Begini Respons Bupati

"Cucu biasanya tahan namun tetap bisa menjadi 'carrier' bagi orang di sekitarnya," terang Purnawan.

Tetap di Rumah

Jadwal 9 KA Jarak Jauh Via Solo & Jogja Ini Dibatalkan Sampai Lebaran

Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meminta masyarakat tetap melakukan kegiatan produktif dengan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

Selama di rumah, masyarakat juga diminta tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan dengan sabun sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho