Tips & Rute Road Trip Jakarta-Solo
Ilustrasi tol di Indonesia. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Mencari pengalaman liburan yang menyenangkan dan berkesan lepas dari kepenatan ibu kota? Segera rencanakan perjalanan darat atau road trip saja!

Perjalanan darat atau road trip dengan kendaraan roda empat yang dilakukan secara santai pasti akan membuat kamu rileks. Apalagi kalau kamu berencana melintasi jalanan tol Trans-Jawa yang sudah resmi beroperasi sejak 2018.

Melintasi jalanan bebas hambatan yang satu ini akan membuat perencanaan road trip ke manapun tujuanmu jadi lebih mudah. Itu dikarenakan jalanan bebas hambatan Trans Jawa menghubungkan semua kota hingga mencapai 1.167 km.

Buat kamu yang ingin merencanakan road trip Jakarta–Solo, tentu ini berita yang sangat baik. Namun, sebelum berlibur ada baiknya kamu persiapkan terlebih dahulu seperti berikut ini.

Meski dengan melintasi jalan bebas hambatan kamu bisa memangkas bajet, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan agar perjalananmu lancar:

Cari tahu rute dan tempat istirahat

Pastikan kamu telah mengetahui segala informasi seputar jalan tol yang kamu lewati, rute alternatif setelah keluar dari jalanan bebas hambatan, serta tempat istirahat yang sekiranya kamu lewati.

Buat aturan dalam berkendara seperti bergantian menyetir setelah melewati dua sampai tiga jam berkendara agar stamina tetap terjaga dan menghindari diri dari resiko mengantuk saat mengemudi.

Rencanakan itinerary

Sebelum berangkat, selain memutuskan jangka waktu perjalanan road trip jangan lupa rencanakan itinerary sepanjang perjalanan. Dari Jakarta menuju Solo, kamu bisa singgah ke beberapa tempat wisata asik seperti Pantai Anyer, Agrowisata Ciater, Pasar Batik Trusmi Cirebon, dan lain sebagainya.

Hitung jumlah pengeluaran

Sebelum berangkat menuju Solo, hal yang harus kamu perhatikan adalah pengeluaran. Sebagai catatan, perjalanan menggunakan kendaraan pribadi melewati Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju Solo akan menghabiskan bajet tarif tol seharga Rp426.500. Kemudian, jangan lupa menghitung besaran harga bensin yang harus kamu keluarkan sesuai dengan harga mobil yang kamu kemudikan.

Siapkan uang tunai untuk membeli bahan bakar, keperluan makan, dan kebutuhan darurat lainnya. Selain itu, isi juga saldo kartu elektronik untuk tarif tol karena gerbang tol biasanya hanya melayani transaksi non-tunai. 

Pastikan kondisi kendaraan prima

Yang tak kalah penting dan harus kamu perhatikan adalah kondisi mobilmu. Sebelum mengadakan road trip Jakarta–Solo, pastikan kendaraan yang kamu kemudikan berada dalam kondisi yang prima.

Ini akan menghemat uang bahan bakar, kendaraan dengan kondisi prima juga akan menjaga keselamatanmu. Kamu juga bisa menghindari skenario mobil mogok dalam perjalanan. Untuk antisipasi, bawa juga perlengkapan otomotif darurat sebagai antisipasi kerusakan kendaraan yang bisa terjadi.

Kemas barang bawaan dengan cermat

Saat merencanakan perjalanan road trip, hindari membawa barang bawaan yang banyak. Beban yang berat karena banyaknya barang bawaan akan membuat kendaraanmu jadi lebih boros bahan bakar. Selain itu, banyak bawaan juga akan membuat kamu kesulitan mencari barang yang benar-benar kamu butuhkan. Mengingat kamu akan menghabiskan banyak waktu di dalam kendaraan, jangan lupa untuk membuat dirimu merasa nyaman ya.

Kemas pakaianmu dan taruhlah di dalam tempat yang aman. Tergantung seberapa lama kamu memutuskan akan melakukan road trip ini, kamu selalu memiliki pilihan untuk pergi laundry di beberapa tempat persinggahanmu. Ngomong-ngomong soal pakaian, pastikan kamu mengenakan pakaian yang nyaman, tidak ketat, dan adem supaya tidak menyiksa selama perjalanan panjang. Jangan lupa untuk membawa tas kosong untuk tempat penyimpanan baju kotor ya.

Demikian tips dan rute Road Trip Jakarta Solo yang bisa kamu lakukan. Perjalanan darat atau road trip bisa menjadi cara menyenangkan menghabiskan waktu berlibur. Daripada jenis perjalanan lainnya, road trip dapat membuatmu menikmati pemandangan dan apa saja yang ditawarkan daerah-daerah yang kamu lewati.

Untuk permudah rencana road trip, kamu bisa manfaatkan juga aplikasi Traveloka untuk berbagai kebutuhan traveling termasuk booking hotel dengan berbagai promo menarik, termasuk promo Lebaran 2020 yang bisa buat road trip ke Solo jadi lebih maksimal! (Ads)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho