Tutup Iklan
Memanfaatkan sudut ruang menjadi tempat ciamik/Solopos.com-Arif Fajar S.

Solopos.com, SOLO--Sudut ruang rumah sering kali menjadi tempat yang diabaikan. Tak jarang dibiarkan begitu saja menjadi ruang kosong. Namun, ada juga yang memanfaatkan sudut ruang untuk tempat menyimpan barang, seperti payung, atau peralatan bersih-bersih rumah.

Tentu pemanfaatan demikian menjadikan suduthttps://soloraya.solopos.com/read/20180420/489/911554/komunitas-budaya-sepakat-tetap-jadikan-sriwedari-solo-ruang-publik" title="Komunitas Budaya Sepakat Tetap Jadikan Sriwedari Solo Ruang Publik"> ruang terlihat kurang menarik, bahkan terkesan kumuh. Padahal sudut ruang bisa dimanfaatkan atau difungsikan sebagai tempat santai, tempat membaca, atau tempat kerja, dan tempat rak atau aksesori dekorasi rumah.

Untuk pemanfaatan sudut ruang tersebut, diperlukan desain atau penataan yang pas, sehingga fungsi yang diidamkan bisa terwujud. Sebagai ruang santai, tentu membutuhkan beberapa https://teknologi.solopos.com/read/20181110/484/951782/facebook-rilis-perangkat-obrolan-video-bernama-portal-plus" title="Facebook Rilis Perangkat Obrolan Video Bernama Portal Plus">perangkat pendukung. Demikian juga untuk fungsi lainnya, perlu dirancang dengan baik.

Menurut Store Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall Solo, Caroline Engelsz, sudut ruang di rumah bisa dimanfaatkan sebagai sudut baca (reading corner), sebagai sudut untuk bekerja, dan bisa juga menjadi tempat bersantai bersama teman atau pasangan. Apabila difungsikan sebagai sudut baca, lanjut dia, perlu ada sejumlah perangkat yang ditempatkan di sudut ruangan. Mulai dari sofa satu seater bisa ditambah tangkringan kaki, rak buku bisa yang berdiri dengan bentuk menyesuaikan luasan sudut. Kemudian ada meja kecil atau nakas untuk meletakkan lampu atau pigura foto. Sebagai sudut baca tentu butuh penerangan cukup, karena itu bisa juga menggunakan lampu yang fokus ke pembaca atau lampu tiang.

“Agar sudut ruang untuk membaca tidak terlihat kaku, https://soloraya.solopos.com/read/20181205/493/956865/keramik-dinding-rontok-kurangi-keindahan-masjid-agung-al-aqsha-klaten" title="Keramik Dinding Rontok Kurangi Keindahan Masjid Agung Al Aqsha Klaten">dinding sudut ruang bisa diberi cermin, rak dinding bisa untuk buku dan tanaman. Bisa juga ditambahkan karpet berukuran kecil agar ruangan lebih hangat. Untuk pemilihan warna sebaiknya yang cool tone,” ujar Caroline Engelsz kepada Solopos.com, di Informa, Kamis (24/1/2019).

Sudut ruang juga bisa digunakan sebagai tempat bekerja. Caranya dengan meletakkan meja fleksibel yang bisa dibuka tutup dan menyatu dengan lemari buku. Bisa juga ditambahkan rak buku untuk menaruh peralatan dan dokumen kerja. Selain itu, agar nyaman, dinding diberi rak untuk buku atau tanaman hias artificial (imitasi).

“Sama seperti ruang baca, sebaiknya untuk pemilihan mebeler dan perangkat lain harus satu tema, misal hangat, cool, atau warna cerah untuk memberi semangat kerja. Jangan menggunakan warna yang bertabrakan,” jelas Caroline.

Tidak hanya sudut ruang dalam rumah, sudut di ruang lain juga bisa dimanfaatkan. Seperti yang dilakukan Yustinus Andika Putra warga Perum Peni Regency 6 Blok C7 Mayang, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah. Ia memanfaatkan sudut garasi rumahnya menjadi tempat bersantai. Menurut Andika, awalnya fungsi sudut garasi buat tempat makan ala-ala outdoor layaknya di kafe sekaligus untuk dinner romantis dengan sang istri. Selain nyaman, karena ruangannya ada di samping rumah jadi lebih adem, dan tentu bisa sampai jam berapa pun mengobrol sambil minum kopi atau teh.

“Kami memang lebih nyaman di rumah, jadi sudut garasi diubah jadi tempat makan dan santai mengobrol setelah lelah bekerja seharian,” ujar Andika kepada Solopos.com, Rabu (23/1/2019).

Untuk mendukung fungsi tersebut, lanjut dia, selain meja kursi ditambahkan pula lampu gantung sederhana dengan cahaya yang tidak terlalu terang jadi lebih hangat. Selain lampu ada taman dengan beberapa tanaman biar banyak oksigen dan adem. “Tidak hanya itu, ada juga beberapa pajangan seperti hiasan berbentuk rumah burung, jadi lebih terasa alami,” jelasnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten