Tips Rumah: Kian Cantik dengan Pernik Unik

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO–Rumah adalah tempat nyaman untuk bercengkerama bersama anggota keluarga. Kenyamanan itu bisa dihadirkan dengan penataan ruang dan dekorasi ruang yang pas. Selain itu, ruangan yang cantik juga bakal menarik ketika ada tamu atau saudara jauh berkunjung ke rumah.

Beberapa cara pun ditempuh pemilik rumah untuk mendekorasi rumah terutama ruang per ruang agar terlihat cantik. Seperti padu padan warna cat dinding,  penataan mebeler pun bisa mendukung keindahan ruangan dalam rumah.

PromosiPencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pernik-pernik unik juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah. Beberapa pemilik rumah memilih membeli pernik-pernik unik di sejumlah tempat penjualan aksesori. Mereka pun rela berburu di sejumlah tempat penjualan pernik-pernik unik untuk dekorasi ruangan di dalam rumah. Namun ada juga yang memanfaatkan waktu luang membuat pernik-pernik unik untuk hiasan dinding ruangan rumah mereka.

Tren ini pun membawa berkah bagi pembuat pernak-pernik unik. Salah satunya Fairuz Ba’asir, pemilik sekaligus pengrajin pernak-pernik unik dari barang bekas Fairus Artt Solo di Jl. Kapten Mulyadi Gang Joyosudiran RT 003/RW 011, Pasar Kliwon, Solo.

Ibu tiga anak ini memilih barang-barang bekas seperti botol, periuk nasi, tutup drum, papan, blek kerupuk, teko, ceret, rantang, dan sejumlah barang bekas lainnya menjadi objek kreativitasnya. Berbekal bakat melukis sejak SD, Fairus mulai membuat warna-warna unik dengan mencampur warna beberapa cat.

Setelah barang-barang bekas itu diberi warna cat pastel dan warna-warna lainnya, Fairuz mulai melukis beragam bentuk, mulai bunga, tokoh wayang, Vespa, maupun artis film zaman dulu pada papan kayu jati sehingga memunculkan kesan retro. “Peminatnya dari Solo dan luar Solo. Ada yang meminta gambar khusus namun ada yang memilih barang-barang yang sudah jadi. Katanya unik untuk hiasan ruangan,” jelas Fairuz kepada Solopos.com, di rumahnya belum lama ini.

Octaria Kenes, warga Sukoharjo, memilih pernak-pernik unik untuk mempercantik ruangan di dalam rumahnya dengan cara membeli di sejumlah tempat. Seperti tanduk rusa jantan dan betina yang diletakkan di dinding ruang tengah rumah.

Ada juga lampu gantung yang diletakkan di ruang keluarga. Demikian juga nakas kecil dengan bentuk yang unik ditempatkan di ruang tamu sehingga ruang tengah, ruang keluarga, dan ruang tamu memiliki nuansa berbeda namun tetap cantik. “Sengaja saya beli di sejumlah tempat, namun ada juga yang di-endorse,” terang Octaria kepada Solopos.com, belum lama ini.

Menurut Octaria, pernak-pernik tersebut dibeli setelah ruangan jadi. Untuk menyesuaikan dengan ruangan diterapkan sistem geser dan bongkar pasang. Tidak perlu merancang karena sekarang banyak penjual online dan toko-toko yang menyediakan pernak-pernik unik yang update dengan perkembangan saat ini.

Afrodita, warga Kartasura, Sukoharjo, memilih membuat pernak-pernik unik dengan sejumlah benda yang ada di lingkungan rumah, seperti talenan, karung goni, kancing, dan tali. Dengan kepandaian dan ketelatenan serta jiwa seninya, Afrodita mampu membuat hiasan dinding dari talenan dan karung goni. Termasuk pajangan dengan tema shabby chic dan vintage di ruang tamu.

“Kreasi sendiri. Jadi dibuat dulu baru nanti ditempatkan di mana yang pas. Sengaja membuat sendiri agar unik dan sesuai selera kita, yang jelas lebih hemat. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan, termasuk bekas tutup kaleng biskuit yang bisa untuk papan nama,” jelas Afrodita kepada Solopos.com, Rabu.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Jelang Akhir Pekan Rebound! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 20 Mei 2022

Menjelang akhir pekan, harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Jumat (20/5/2022) terpantau naik untuk cetakan Antam maupun UBS.

20 Mei Hari Kebangkitan Nasional, Mengapa Tidak Tanggal Merah?

Berdasarkan Kepres No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bukan tanggal merah atau hari libur nasional

Selamat Harkitnas! Begini Sejarah 20 Mei Jadi Hari Kebangkitan Nasional

20 Mei sebenarnya merupakan hari lahirnya sebuah organisasai bernama Boedi Oetomo atau Budi Utomo pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia merdeka.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Media Jangan Telan Mentah-Mentah Hasil Survei

Pengamat politik Rocky Gerung mengkritik media yang menelan mentah-mentah hasil survei termasuk tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi.

Tegas! Ini Pesan Jokowi untuk Aparat Hukum Soal Mafia Minyak Goreng

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan aparat hukum untuk terus menyelidiki mafia minyak goreng yang merugikan banyak pihak.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 20 Mei.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

2 Survei Kepuasan Jokowi Jauh Beda, Rocky: Surveyor Sedang Cari Remah

Rocky Gerung menyoroti dua hasil survei terhadap tingkat kepuasan Presiden Jokowi yang saling bertolak belakang padahal dirilis hampir bersamaan.

Tawarkan Bunga Tinggi, Allo Bank Target Jaring 1 Juta Nasabah Sepekan

PT Allo Bank Tbk. (BBHI) menawarkan bunga tinggi bagi masyarakat yang bersedia menyimpang uang di rekening Allo Bank.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

IHSG Diprediksi dalam Tekanan Global, Saham-Saham Bisa Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat terbatas pada perdagangan Jumat (20/5/2022) ini.