SOLOPOS.COM - Pengurus Masjid Jami Pekojan di Purwodinatan, Kota Semarang menyiapkan bubur India sebagai tradisi sajian berbuka puasa Ramadan, Rabu (7/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Selain menjalankan ibadah, bulan puasa dapat dimanfaatkan untuk hidup sehat

Harianjogja.com, SLEMAN– Selain menjalankan ibadah, bulan puasa dapat dimanfaatkan untuk hidup sehat. Hal itu bisa dilakukan dengan memenuhi nutrisi dan hidrasi melalui asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Menurut Pakar Kesehatan Masyarakat dokter Emy Huriyati, berpuasa jika dijalankan dengan benar dapat memberikan manfaat kesehatan. Seperti penurunan kadar gula darah dan asam lemak serta perbaikan profil lemak. Dengan berpuasa seseorang dapat menjaga kestabilan nutrisi dan hidrasi.

“Berpuasa juga dapat menurunkan berat badan dan melindungi dari penyakit non infeksi seperti stroke, jantung, diabetes, gagal ginjal, kanker dan gagal hati,” ujar Emy dalam acara Buka Puasa Danone Group bersama Anak Panti Asuhan di Prambanan, Kamis (8/6/2017).

Menurutnya, puasa yang sehat juga harus diikuti dengan istirahat yang cukup serta olahraga rutin dengan intensitas ringan.itu perlu dilakukan karena aat berpuasa, jadwal makan bergeser menjadi saat sahur dan berbuka.

“Pemenuhan nutrisi, harus tetap sesuai dengan diet seimbang. Dari total kalori harian, asupan protein sebaiknya sebesar 15-20 persen asupan lemak sebesar 25-30 persen dan asupan karbohidrat 50-65 persen,” ujarnya.

Walaupun frekuensi makan berkurang, kebutuhan kalori harian harus tetap terpenuhi. Dia menganjurkan, orang yang berpuasa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Seperti nasi, protein hewani, protein nabati dan sayur.

“Makanan yang mengandung serat tinggi akan memberi rasa kenyang lebih lama. Serat bisa didapatkan dari beras merah, gandum, oatmeal, kacang-kacangan, sayur dan buah,” terangnya.

Kebutuhan cairan juga perlu diperhatikan, terutama golongan usia yang rentan kehilangan cairan (dehidrasi). “Konsumsi air putih sama seperti tidak berpuasa, yaitu dua liter perhari atau setara dengan delapan gelas per hari,” katanya.

Sementara itu, Public Affairs & Internal Communication Manager Sarihusada Endah Prasetioningtias mengatakan sejak tahun lalu pihaknya mendukung masyarakat untuk melakukan pola makan dan minum yang lebih sehat. Hal itu dilakukan juga pada kinerja perusahaan yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam.

“Selain edukasi makanan sehat dan bernutrisi, dalam kegiatan buka puasa bersama ini kami juga memberikan bantuan kepada anak-anak yatim piatu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya