SOLOPOS.COM - ilustrasi (istimewa)

Tips puasa agar sukses menjalaninya hingga beduk Magrib di tengah cuaca panas.

Solopos.com, BIRMINGHAM-Pelaksanaan Ramadan yang jatuh di musim panas, membuat Umat Muslim harus lebih bisa membentengi diri agar puasanya berjalan lancar. Sebab di beberapa negara, terutama di barat puasa berlangsung hingga lebih dari 12 jam, dengan suhu panas yang tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti mengutip liputan6.com dari laman Itv.com, Rabu (1/7/2015), Direktur Kesehatan Masyarakat Birmingham, Dr. Adrian Phillips memperingatkan jika arus gelombang panas akan membuat puasa lebih menantang.

Dehidrasi menjadi risiko yang umum dan serius saat cuaca panas. Sebab itu mereka yang berpuasa harus bisa menyeimbangkan asupan makanan dan minuman.

Sebab jika mulai merasa tidak enak badan, seseorang bisa mulai mengalami disorientasi atau bingung, hingga pingsan. Saat itu juga disarankan untuk menghentikan puasa dan minum air atau cairan lainnya.

“Hal ini sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua, orang-orang dengan kondisi medis buruk yang dikontrol seperti tekanan rendah atau darah tinggi, diabetes dan mereka yang menerima pengobatan dialisis,” jelas Phillips.

Imam Usman Mahmood dari Masjid Pusat Birmingham, menambahkan, mereka yang berpuasa harus memperhatikan saran berikut agar tetap bisa bertahan puasa di suhu panas:

Seperti, pilihan minuman manis yang sangat membantu untuk rehydrate tubuh. Kemudian hindari minum teh saat sahur sebab ini akan meningkatkan ekskresi garam dalam urin.

Kemudian coba mengurangi kegiatan sehari-hari. Hal ini penting untuk membatasi paparan matahari dan bagi mereka yang bekerja di bawah sinar matahari harus mengambil istirahat secara teratur.

Saran lain, mandi dua kali sehari untuk mendinginkan dan menyegarkan diri, dan hindari duduk di bawah sinar matahari. Jika kondisi memburuk dan puasa menjadi sulit, lebih baik menghentikan puasa.

Orang tua yang merasa kesulitan untuk berpuasa diminta tidak melakukannya. Salah satu tanda yang jelas jika puasa Anda bermasalah adalah jika mengalami pusing berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya