SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur setelah makan sahur. (care2.com)

Tips puasa kali ini mengulas soal trik asupan makanan agar tubuh kita tidak mudah lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Solopos.com, JAKARTA — Puasa adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak amalan dengan beribadah puasa dan aktivitas keagamaan lainnya. Namun, bagaimana jika tubuh lemas? Banyak kegiatan ibadah yang terancam tak terlaksana.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Nah, maka dari itu, tak salah kiranya kita  simak beberapa ulasan soal tips puasa hari ini, Minggu (28/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagaimana dilaporkan Liputan6, kurang asupan air dan kadar glukosa yang rendah dalam otak membuat kita akan lebih mudah marah, murung, dan lelah saat berpuasa.

Selain karena kekurangan asupan air dan kadar glukosa, kebiasaan merokok bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah lemas.

Dilaporkan Arab News, sejumlah pakar dan psikolog menyarankan agar kita mengubah persepsi tentang nikotin. Untuk mengurangi ketegangan semacam itu, kurangilah asupan makanan tinggi lemak selama bulan ramadan, dan ikut terlibat ke dalam latihan ringan sebelum atau sesudah waktu berbuka.

Sementara itu, dilansir Detik, Minggu, saat puasa, orang sering mudah mengantuk. Hal ini bisa saja terjadi karena perubahan jam tidur sehingga membuat kualitas tidur kurang terjaga. Gangguan ini ternyata juga bisa disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi saat buka dan sahur.

Setidaknya ada lima bahan makanan yang perlu kita waspadai karena bisa menimbulkan rasa kantuk lebih cepat saat berpuasa. Lima makanan tersebut adalah salad, keju, yoghurt, pisang, kacang, dan makanan tinggi lemak serta kaya kandungan gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya