SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerja dari rumah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sebagaian besar orang harus melakukan pekerjaannya dari rumah. Apakah kamu termasuk yang harus bekerja dari rumah?

Ditambah dengan ibadah puasa, bekerja di rumah menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari rasa bosan hingga kurangnya semangat bisa buat kamu jadi tak produktif bekerja pada Bulan Ramadan kali ini.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Namun, dengan berbagai tips berikut, bekerja di rumah saat bulan Ramadan bisa tetap produktif dan tentunya tidak akan terasa membosankan sama sekali!

1. Mulai dengan rutinitas pagi yang produktif!

Bekerja dari rumah harus dimulai dengan awal yang baik. Di bulan puasa, tentu awal yang produktif ini dimulai sejak kamu menyantap sahur. Pastikan kamu mempersiapkan makanan sahur yang sehat dan bergizi dengan porsi yang cukup untuk tenagamu berpuasa seharian.

Bangunlah sedikit lebih awal sehingga kamu tak perlu terburu-buru dan bisa menikmati sahur dengan santai. Setelah itu jangan lupa mandi dan persiapkan diri kamu untuk beribadah.

Jika telah selesai, jangan lanjut tidur lagi ya! Kamu bisa lakukan aktivitas-aktivitas produktif seperti menonton berita, mempersiapkan pekerjaanmu, membersihkan kamar atau lainnya sebelum benar-benar memulai bekerja dari rumah. Dengan awal yang produktif dan positif, kamu bisa membantu menciptakan suasana mood yang lebih baik saat bekerja.

2. Buat area khusus sebagai ruang kerja!

Bekerja dari rumah tentu akan banyak sekali hal yang bisa memecah konsentrasi dan mengalihkan fokus. Untuk itu, kamu bisa menyiapkan area atau bila perlu ruang khusus untuk bekerja dari rumah yang bisa menjauhkanmu dari berbagai godaan tersebut.

Buatlah ruang kerja senyaman namun tetap seformal mungkin sehingga kamu bisa mendapatkan atmosfer layaknya di kantor. Dengan begitu, kamu secara tak langsung akan lebih fokus dan konsentrasi dalam bekerja.

Agar tak terasa membosankan, kamu juga bisa menata ulang atau mendekorasi rumah dan ruang kerja untuk mendapatkan suasana kerja yang baru. Atau, staycation di hotel bisa jadi alternatif yang tak kalah refreshing untuk habiskan waktu bekerja dari luar kantor saat bulan Ramadan.

Apalagi, ada banyak penawaran harga khusus promo Ramadan yang ditawarkan oleh hotel-hotel pada saat ini. Kamu juga bisa cek Traveloka untuk temukan berbagai promo hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Selalu buat daftar pekerjaan dengan jelas!

Untuk selalu bisa menjaga produktivitas selama bekerja di rumah di bulan Ramadan ini, pastikan untuk selalu memiliki daftar pekerjaan harianmu serta prioritasnya. Buatlah juga pembagian jam kerja setiap hari dan juga target mingguan, bahkan bila perlu harian sehingga bisa membantumu mengontrol pekerjaanmu setiap harinya.

4. Tetap jaga silahturahmi dan komunikasi!

Meskipun tak bisa berpergian, bukan berarti kamu tak bisa bersilahturahmi dan harus memutus komunikasi. Saat bekerja tentu penting untuk terus menjaga komunikasi dengan rekan kerja dan memastikan semua pekerjaan telah sejalan dengan pekerjaan tim lain. Siapkan waktu setiap harinya dan setiap minggunya untuk menyelaraskan proses kerjamu dengan anggota tim lain.

Namun, selain anggota tim, komunikasi dengan kerabat dan sahabat juga tak kalah penting. Di waktu luang, kamu bisa melakukan panggilan video dengan kerabat dan sahabat terdekat untuk sekedar mengobrol dan berbagi cerita. Hal ini tak hanya bisa mengurasi stress di rumah namun menyegarkan pikiranmu sehingga bekerja bisa jadi tetap produktif.

Itulah berbagai tips yang bisa kamu coba untuk buat bekerja di rumah saat bulan Ramadan tetap produktif dan bersemangat! Bagaimana caramu untuk tetap bisa semangat bekerja di bulan Ramadan kali ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya