Menara Kembar Petronas di kawasan Kuala Lumpur City Centre (KLCC), Malaysia. (JIBI/Bisnis/Dok.)

Solopos.com, JAKARTATravelling ke luar negeri lazimnya membutuhkan banyak biaya untuk membayar transportasi pulang pergi serta akomodasi di negara tujuan.

Namun jangan khawatir, berlibur ke luar negeri tak selamanya harus punya tabungan banyak. Negara tetangga menjadi tujuan wisata yang menggiurkan dengan modal terbatas bisa dicoba, asal tahu triknya.

Dikutip dari bisnis.com/JIBI, salah satu negara dengan ongkos ngirit adalah Malaysia. Selain harga tiket, biaya hidup seperti makan dan belanja di negeri jiran itu masih sangat terjangkau dan hampir sama dengan Jakarta.

Legenda Batu Lintang Balekambang Solo, Jadi Tempat Salat Mangkunegara VII

Cukup dengan modal 100 ringgit Malaysia atau sekitar Rp348.690 (kurs Rp3.486/ringgit), Anda dapat melakukan banyak hal termasuk makan, jalan-jalan serta menginap di hotel budget semalam.

Berikut, tips dan trik untuk berwisata hemat ke luar negeri:

1. Lakukanlah pemesanan tiket saat dini hari. Bila Anda tiba saat pagi hari, waktu akan semakin banyak untuk mengunjungi lokasi wisata di Malaysia. Pelancong dapat memilih pesawat mana saja, baik yang mendarat di Bandara KLIA1 maupun KLIA2.

Ingat Wanita Pembawa Anjing ke dalam Masjid Bogor? Ia Divonis Bebas

Yang terpenting adalah transportasi menuju Kuala Lumpur. Di kedua bandara, otoritas Malaysia menyediakan angkutan kereta ke KL Sentral di pusat kota. Berhubung uang saku Anda hanya 100 ringgit, hindari menggunakan moda transportasi ini karena harganya bisa 55 ringgit sekali jalan.

2. Lebih baik menggunakan bus. Berjalanlah ke luar bandara dan temukan bus dengan kualitas bagus. Harga bus di luar Bandara sangat bervariasi, sekitar 12 ringgit—15 ringgit. Perjalanan biasanya memakan waktu 1 jam, atau hanya selisih 15 menit dengan commuter.

3. Pilihlah makan siang di foodcourt bandara. Lapak pedagang menengah lebih mudah ditemukan di KLIA1. Sedangkan KLIA 2 hanya restoran cepat saji dan toko lainnya. Harganya cukup terjangkau 10 ringgit-20 ringgit. Seandainya Anda telah menghabiskan 15 ringgit untuk makan siang di bandara dan 15 ringgit untuk naik bus, uang tersisa 70 ringgit.

Virus Corona Meluas, Dunia Darurat Masker dan Respirator

4. Bila telah menginjakkan kaki ke Kuala Lumpur Sentral, Anda bisa berjalan-jalan ke beberapa tempat. Salah satunya KLCC atau Petronas Tower, sering disebut menara kembar. Perjalanan ke sana dapat dilanjutkan dengan RapidKL dan butuh modal sekitar 3 ringgit.

Selama di Petronas Tower, Anda dapat berkeliling di mal atau melihat air mancur di sisi belakang menara itu. Lumayan untuk liburan seharian. Jajanan di sekitar trotoar kawasan itu juga masih cocok dikantong.

Seperti jagung bakar dihargai 5 ringgit dan jajanan pinggir jalan juga sangat terjangkau. Kalau lapar, Anda dapat menikmati makanan cepat saji dengan harga cukup terjangkau berkisar 16 ringgit.

Ini 3 Pasar Ekstrem di Dunia Selain Wuhan, Salah Satunya di Indonesia

5. Dengan belanja kecil-kecilan di atas, Anda masih menyimpan 50 ringgit di kantong. Jika penerbangan dini hari, ada baiknya kembali ke bandara sebelum pukul 10 malam menggunakan bus.

Namun, jika ingin menginap, pilih saja hotel budget. Di KL Sentral ada beberapa penginapan yang menawarkan harga murah mulai dari 36 ringgit. Sisanya gunakanlah untuk perjalanan menuju bandara dan kembali ke Tanah Air.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten