SOLOPOS.COM - Iustrasi wanita depresi (Huffingtonpost.com)

Tips pergaulan kali ini mengulas kata-kata yang bisa menyakiti hati orang lain.

Solopos.com, SOLO — Bisa hamil dan memiliki keturunan adalah harapan setiap wanita yang telah menikah. Namun, ada kalanya seorang wanita tak bisa hamil karena sesuatu hal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terkait dengan itu, ketika Anda bertemu dan bergaul dengan wanita yang tak memiliki anak, sebaiknya Anda tidak menggunakan beberapa kata yang berpotensi melukai perasaannya.

Asisten profesor psikiatri dan kesehatan perilaku dan mental perempuan di The Ohio State University Wexner Medical Center, Tamur Gur, menganjurkan agar tiap orang yang bergaul dengan wanita tak punya anak untuk tidak mencecarnya dengan pertanyaan penyebab kemandulannya.

“Yang paling penting untuk diingat ketika berbicara dengan seorang wanita yang tak punya anak, jangan menanyainya, kecuali ia mengaku sendiri kepada Anda,” kata Gur, sebagaimana dilansir Prevention, Sabtu (26/9/2015).

“Pertanyaan Anda bisa menyinggung mereka,” ujar Gur.

Berikut kata-kata yang tak boleh Anda ucapkan kepada wanita tak punya anak.

Kenapa Tidak Punya Anak?
Pertanyaan “Kenapa kamu tidak punya anak?” bisa melukai perasaan wanita yang tak memiliki anak. Kecuali jika Anda sudah bersahabat dekat dengan wanita tersebut. Itu pun jika wanita tersebut menceritakannya berdasarkan kemauannya sendiri.

Maafkan Aku
Hamil memang kodrat alami wanita. Namun, ada baiknya Anda ketahui, tak semua wanita ingin hamil karena alasan-alasan tertentu. Ada wanita yang sengaja berencana tak memiliki anak. Pernyataan “maaf” yang mungkin Anda maksudkan sebagai ungkapan belas kasih justru akan bermakna melecehkan bagi wanita yang tak punya anak.

Coba Program Terbaru untuk Kesuburan?
Jangan sekali-kali mengajukan pertanyaan, seperti,”Sudah coba prosedur terbaru untuk kesuburan?”. Perlu Anda pahami, pertanyaan semacam ini bisa membuat wanita tak punya anak merasa disudutkan.

Katakan saja sesuatu yang membuat wanita tak punya anak merasa santai, seperti,”Santai saja, nanti si kecil akan datang.” Kalimat seperti itu akan lebih berguna daripada Anda bertanya soal usaha apa saja yang sudah dilakukan seorang wanita untuk bisa hamil.

Siapa yang Akan Mengurusmu Nanti?
Pertanyaan “Siapa yang akan mengurusmu saat sudah tua nanti?” adalah pertanyaan yang sama sekali tidak berguna untuk wanita yang tak punya anak.

Mungkin maksud Anda ini sebagai bentuk simpatik, tapi pertanyaan tersebut justru membuat wanita tak punya anak semakin tertekan. Cukuplah ia menghadapi kenyataan tak bisa punya anak dan jangan menambahi beban pikirannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya