SOLOPOS.COM - Ilustrasi berkenalan (youqueen.com)

Tips pergaulan kali ini mengulas tentang bagaimana seseorang dapat mengingat nama orang baru dengan mudah.

Solopos.com, SOLO — Sewaktu-waktu, orang dapat menemui teman barunya. Satu hal yang membuat orang kadang merasa malu, yakni sering lupa nama teman yang baru dikenal.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Inilah 5 tips sederhana untuk mengingat nama seseorang yang dirangkum dari www.prevention.com pada Selasa (29/9/2015):

1. Pendekatan Positif
Jangan pernah berpikir, “Aku paling lemah mengingat nama, hari ini aku ingat, besok lupa. Ingat wajah, lupa nama.” Menurut Jon Keith, seorang pelatih memori, keadaan seperti ini justru mengundang stres yang dapat mengganggu memori.

2. Mengamati Lingkungan
Ambil catatan khusus ketika bertemu dengan orang baru. Seperti warna dinding, suasana ruangan, dan sebagainya. Visualisasi seperti ini akan membantu seseorang untuk mengingat nama dalam memori jangka panjang.

3. Pastikan Nama Terdengar Jelas
Seringkali seseorang bertemu orang baru di tempat bising seperti supermarket, tempat konser, dan sebagainya. Berikan strategi dengan meminta lawan bicara Anda mengulang nama dengan mengatakan, “Maaf, tapi bisakah Anda mengulang nama?

4. Ambil Z-Scan
Keith merekomendasikan untuk menggambar huruf Z di wajah seseorang sebagai latihan untuk memori jangka panjang. Seperti melihat kedua mata berwarna biru terang, hidungnya yang mancung dan senyumannya. Ini akan membantu mengasosiasikan nama dengan wajah.

5. Mengeja Nama dalam Pikiran
Jangan khawatir bila salah mengeja nama dalam pikiran. Ini hanya satu trik visual untuk menghubungkan orang dengan nama. (Fitria Julestri/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya