SOLOPOS.COM - Pelajar yang tertangkap basah berpesta miras dibina di Kantor Satpol PP Kota Blitar, Senin (27/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

Tips pergaulan kali ini mengulas soal trik menolak minum minuman keras saat ditawari teman.

Solopos.com, SOLO — Terkadang, saat menghadiri suatu acara, teman tidak segan-segan menyodorkan minuman keras (miras) kepada Anda sebagai ucapan selamat datang dalam pergaulan. Namun, ada banyak dampak negatif yang akan terjadi pada Anda jika begitu mudah mengikuti gaya hidup kurang sehat tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di satu sisi, jika Anda tidak menyambut sodoran miras teman Anda, mungkin Anda dianggap antisosial dan susah bergaul. Nah, terkait dengan itu, ada beberapa tips agar Anda tidak mudah terjerumus dalam minum miras tapi tidak dianggap sebagai orang kurang pergaulan (kuper).

1. Jaga Asupan Makanan
Sebagaimana Solopos.com himpun dari Revinery29, Minggu (30/8/2015), menjaga asupan makanan adalah langkah penting yang harus Anda perhatikan. Sebelum pergi ke suatu perkumpulan yang berpotensi dipenuhi orang-orang minum miras, sebaiknya Anda makan dan banyak minum air putih. Akan lebih baik jika Anda juga membawa air putih saat di acara tersebut.

Ketika ada teman menyodori minuman, Anda bisa beralasan sudah membawa minuman sendiri. Tapi ingat, tolaklah dengan halus. Anda bisa menerima sodoran gelas miras, tapi tak perlu Anda minum.

2. Perhatikan Lingkaran Sosial
Lingkungan memiliki pengaruh cukup besar dalam pola hidup seseorang. Tanpa bermaksud membeda-bedakan teman, Anda harus tetap selektif dalam memilih lingkungan pergaulan atau sosial Anda.

Bertemanlah dengan semua orang, tapi Anda harus tetap memiliki kontrol untuk memilah mana yang bisa Anda ikuti dan mana yang harus Anda hindari. Teman yang baik, tidak akan mengajak Anda melakukan hal-hal buruk, termasuk minum miras.

3. Tahan Rasa Haus
Ketika seseorang minum alkohol, kerongkongan akan terasa cepat kering dan memicu rasa haus lebih cepat. Inilah yang membuat seseorang tidak bisa berhenti minum miras jika sudah menenggak minuman tersebut.

Nah, maka dari itu, akan lebih baik Anda menahan rasa haus Anda, daripada minum miras yang tersedia saat di suatu acara. Kontrol diri sangat penting dalam hal ini.

4. Ingat Efek Negatif Alkohol
Ketika berada di lingkungan sosial yang memiliki kebiasaan minum miras, sebaiknya Anda mawas diri dan senantiasa mengingatkan diri Anda sendiri tentang dampak buruk dari minum minuman beralkohol.

Jika perlu, buatlah daftar efek buruk alkohol untuk Anda dan catatan itu Anda baca setiap waktu. Anda juga disarankan untuk memikirkan langkah-langkah alternatif yang lebih baik dalam menghadapi pergaulan yang tidak kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya