SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengecek ban sepeda motor (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Virus corona sangat cepat menular dari manusia ke manusia. Menjaga kebersihan menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai persebaran virus corona Covid-19.

Pasien Corona Wonogiri Meninggal Dunia, Ini Tindakan Pemkab

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bukan cuma pakaian, alat transportasi juga menjadi salah satu yang perlu dipastikan bebas dari kontaminasi virus corona. Ada beberapa tips untuk pengendara motor agar terhindar dari virus corona.

Begini Proses Pemakaman Jenazah Pasien Positif Corona Wonogiri

Berikut ulasannya;

Rajin Bersihkan Motor

Virus korona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk atau bersin oleh orang terinfeksi. Kita tidak tahu, motor terpapar diparkiran atau penumpang.

Untuk itu, jangan malas lap atau mencuci motor agar terhindar dari virus corona. Bisa juga menyemprotkan anti bakteri terutama di bagian yang sering dipegang, seperti setang dan tuas rem.

Batik Khas Desa Jarum Klaten Ceritakan Kisah Sunan Pandanaran

Jaga Kebersihan Helm

Perhatikan helm apakah pernah digunakan orang lain atau disimpan di luar, terutama helm penumpang. Helm sejatinya perangkat yang bersifat pribadi. Namun, bagi pengguna ojek online helm merupakan fasilitas untuk penumpang. Sayang, kita tidak tahu apakah helm yang disiapkan bekas orang terpapar virus atau tidak.

Untuk mencegah terpapar, lap helm sebelum dipakai dan gunakan masker. Kita tidak tahu helm terkena percikan batuk. Bagi pengemudi ojol sebaiknya rutin membersihkan helm penumpang.

Gunakan Masker

Jangan lupa menggunakan masker. Udara di luar sangat rentan terpapar polusi dan virus. Bagi Anda yang merasa sakit, seperti demam, pilek, dan batuk, wajib gunakan masker agar tidak menulari orang lain.

Solo KLB Corona, Stok Beras Bulog Aman 7 Bulan ke Depan

Cuci Tangan

Tangan merupakan anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman, termasuk menjadi media perantara perpindahan virus korona. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah mengendarai motor merupakan hal penting untuk menghindari potensi tertular penyakit.

Siapkan Hand Sanitizer

Sebagai alternatif, Anda juga bisa membawa hand sanitizer. Ini untuk berjaga-jaga bila tidak ada toilet terdekat untuk mencuci tangan Anda.

Harapan Baru, Pasien Corona yang Sembuh di Indonesia Terus Bertambah

Jaga Kesehatan

Meski belum ada obatnya, virus korona akan susah menjangkiti Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh baik. Sebab itu, selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup, makan bergizi, diolah dengan baik, minum multivitamin yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh. Segera periksa ke dokter jika kurang sehat, khususnya jika ada gejala terjangkit virus korona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya