SOLOPOS.COM - Ilustrasi airbag mobil (Carsdirect.com)

Tips otomotif kali ini membahas tentang teknik mengetahui kondisi airbag mobil.

Solopos.com, SOLO – Kantung udara keselamatan pada mobil (airbag) yang tak layak sangat berbahaya karena dapat berujung maut jika tak dapat mengembang saat kecelakaan. Untuk mengetahui kondisinya, simak tips otomotif berikut ini!

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Dikutip Solopos.com dari laman Carsdirects, Selasa (19/5/2015), terdapat dua tips otomotif untuk mengetahui kondisi kelayakan airbag pada mobil. Pertama, melakukan tes diagnostik di bengkel mobil, dan kedua dengan cara memantau lampu indikator airbag pada dashboard.

Tes diagnostik dapat dilakukan dengan membawa mobil ke bengkel resmi untuk dipindai menggunakan alat scanner khusus. Dengan alat tersebut, akan diketahui kondisi sensor dan sirkuit elektronik airbag.

Cara kedua, sekaligus cara paling mudah dan paling murah adalah dengan mengamati lampu indikator airbag. Jika lampu indikator berkedip sebanyak 12 kali, itu menandakan voltasenya kurang. Sedangkan jika berkedip 14 kali, itu artinya telah terjadi masalah pada sensor benturan.

Kedipan terbanyak adalah sebanyak 21 kali yang berarti airbag pada mobil tidak terpasang dengan sempurna. Model kedipan lainnya juga dapat dilihat pada buku manual karena ada kemungkinan setiap pabrikan memiliki perbedaan tafsiran kedipan lampu indikator.

Tips otomotif terakhir seputar airbag mobil  yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda tidak menanganinya sendiri apabila terjadi kerusakan pada airbag di mobil Anda. Serahkan urusan itu kepada bengkel resmi atau bengkel yang sudah berpengalaman.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya