SOLOPOS.COM - Aksi freestyle Wawan Tembong. (Liputan6.com)

Tips otomotif kali ini datang dari freestyler motor terbaik Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Siapa tidak kenal Wawan Jarwanto alias Wawan Tembong? Meski sederet  gelar sebagai freestyler motor terbaik sudah ia kantongi, ia tidak pelit berbagi tips otomotif supaya para pemula dapat mengikuti jejaknya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Wawan ketika berbagi tips dalam Pameran Dirgantara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, mengatakan syarat utama bagi seseorang yang ingin belajar freestyle motor adalah memerhatikan unsur keselamatan (safety).

”Pertama safey dulu. Berlatih pada tempatnya, bukan jalan umum sehingga tidak membahayakan orang lain dan diri sendiri. Selain paham teorinya, pakai sepatu, protektor, helm full face, itu akan aman,” ungkap Wawan seperti dilansir laman Liputan6, Rabu (20/4/2016).

Menyoal motor, pria asli Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, itu memberi kebebasan model untuk dipilih. Tetapi ia menyarankan freestyler berlatih menggunakan motor dengan sistem injeksi bahan bakar (fuel injection) karena lebih stabil.

”Kalau motor karburator pas motor diangkat terus gaya circle, di atas tiga putaran pasti dia trouble seperti ada jedanya. Kalau pakai motor injeksi ada fuel pump-nya, jadi selama bensin ada freestyler masih akan aman,” paparnya.

Sedangkan terkait lamanya latihan hingga mahir, juara Motor Stunt Grand Prix 2016 Thailand itu menyebut waktu tiga bulan sudah cukup. Tetapi dengan catatan, selama satu bulan pertama seseorang harus menguasai gaya dasar (basic) dengan sempurna meliputi wheelie, stoppie, dan burn out.

”Kalau awalan belajar enggak perlu harus berani begini begitu. Paling belajar membentuk angka delapan saja. Jadi belajar ngebawa motor, bukan orangnya yang dibawa motor,” imbuh Wawan.

Menurut pengamatannya, masih banyak freestyler pemula yang berlatih dengan asal-asalan. Selain kurang memerhatikan safety, lanjut Wawan, mereka meski belum mahir sudah nekat melakukan gaya yang cukup ekstrem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya