SOLOPOS.COM - Ban tubeless pada pelek jari-jari. (Abrahammotorcycles.co.uk)

Tips otomotif kali ini tentang pemasangan ban tubeless.

Solopos.com, JAKARTA – Ban tubeless dikenal lebih aman karena antibocor dan tidak langsung kempis meski tertusuk paku. Tetapi bisakah ban tersebut dipasang pada pelek spoke wheel atau model jari-jari? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut pemilik toko Rumah Ban Motor Jakarta, Andreas Aldrin ban tubeless tetap bisa dipasang pada pelek jari-jari. Tetapi ada tips khusus dan sejumlah syarat yang harus dipenuhi supaya hasilnya sempurna.

Andreas menjelaskan pelek jari-jari supaya bisa menggunakan ban tubeless perlu dilapisi terlebih dahulu dengan karet ban biasa yang sudah dibelah. Tujuannya agar tidak ada ruang yang membuat ban tubeless kehilangan udara saat digunakan.

“Ada beberapa cara tapi yang paling sering saya pakai itu ban dalam yang punya ring lebih kecil dari pelek [jari-jari] lalu dibelah dan dipasang ke pelek. Barulah ban tubeless bisa dipakai,” terang Andreas sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Selasa (21/6/2016).

Tetapi perlu dicatat pula, pelek jari-jari ingin dipasang ban tubeless harus berbahan aluminium serta memiliki lebar minimum 2,5 inci. Tanpa syarat tersebut, ban tubeless hanya dapat dipasang pada pelek palang jenis racing alias casting wheels.

Tips selain menggunakan ban yang dibelah, permukaan dalam pelek jari-jari juga dapat dilapisi menggunakan manset khusus yang umumnya dijual seharga Rp20.000-an. Tujuannya sama, yaitu supaya udara dari ban tubeless tidak rembes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya