SOLOPOS.COM - Ilustrasi sepeda motor dengan side box. (Motorcycle-usa.com)

Tips otomotif kali ini tentang side box pada sepeda motor.

Solopos.com, SOLO – Sepasang boks samping (side box) berguna supaya sepeda motor mampu membawa muatan lebih banyak, terutama ketika perjalan jauh atau touring. Tetapi memasangnya jangan sembarangan, lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tips pertama, sebagaimana dihimpun dari laman Otorider dan Motobikerz, Rabu (10/8/2016), sebaiknya pilihlah side box yang ukurannya ramping dan maksimal lebarnya sama dengan lebar setang motor.

Selain supaya tidak mengganggu pengendara lain, ukuran side box yang ramping berguna agar motor tetap mudah diajak bermanuver ketika berkendara di jalanan yang padat.

Tips kedua, pastikan side box terpasang dengan benar dan bracket-nya kuat. Setelah itu masukkan barang ke dalamnya, atur supaya boks kanan dan kiri memiliki bobot yang seimbang supaya motor tidak oleng ketika melaju.

Tips ketiga, jangan gunakan side box untuk membawa barang yang terlampau berat. Kotak tambahan tersebut sebaiknya hanya diisi dengan barang ringan seperti pakaian ganti, makan dan minuman untuk bekal, oleh-oleh, dan sebagainya.

Apabila side box dirasa masih kurang, bisa tambahkan boks lain di belakang jok atau yang kerap disebut top box. Tetapi sebelum melakukannya, cek lagi berapa beban maksimal yang dapat dibawa oleh motor. Sebab jika bagian belakang terlalu berat, itu akan berbahaya ketika motor menanjak.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya