SOLOPOS.COM - Ilustrasi ban mobil menerjang jalanan berair. (Motortrend.com)

Tips otomotif kali ini tentang hal yang perlu diperhatikan pada ban mobil di musim hujan.

Solopos.com, JAKARTA – Hujan yang mengguyur beberapa wilayah Indonesia menandakan datangnya musim hujan. Sebelum terlambat, sebaiknya segera cek kondisi mobil Anda termasuk bagian ban. Apa saja yang perlu diperhatikan? Simak terus tips otomotif berikut ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat diguyur hujan atau melintas di jalanan basah, ban mobil perlu daya cengkeram lebih untuk berbelok. Tips otomotif pertama yang perlu diperhatikan adalah pastikan ulir kembangan pada ban masih tebal, terutama pada ban depan.

Sebab jika ban depan gundul, dikhawatirkan mobil akan tergelincir saat berbelok. Kendati demikian, bukan berarti Anda harus membeli satu set ban baru. Menurut pereli nasional sekaligus pendiri sekolah mengemudi Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar, hal yang perlu dilakukan hanyalah merotasi ban.

Tenang, merotasi ban bukanlah perkara sulit. Anda hanya perlu menukar posisi ban depan menjadi ban belakang, begitu pula sebaliknya.

“Kalau bisa rotasinya di-cross. Jadi ban depan kanan ditukar posisinya dengan ban belakang kiri, dan ban depan kiri ditukar ke belakang kanan,” terang Rifat sebagaimana dilansir laman Liputan6, Sabtu (14/11/2015).

Rifat menjelaskan, selama melewati aspal di musim kemarau, ban depanlah yang paling banyak tergerus. Nah, dengan dilakukannya rotasi, pengemudi kembali mendapatkan ban depan dengan cengkraman maksimal tanpa harus merogoh kocek  dalam-dalam.

Setelah merotasi ban, tips otomotif yang tak kalah penting untuk menghadapi musim hujan adalah mengisi angin pada ban dengan tekanan yang direkomendasikan pabrikan.

“Kalau angin ban, enggak usah dengar katanya-katanya. Anda hanya perlu melihat di pintu sebelah kanan ada stiker anjuran dari pabrik dan ikuti saja. Sebab rasio tekanan angin bisa saja lebih besar atau kecil tergantung ukuran dan bobot mobil,” beber Rifat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya