SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengisi oli sepeda motor. (Welovehonda.com)

Tips otomotif kali ini tentang ganti oli pada sepeda motor.

Solopos.com, DEPOK –  Ganti oli merupakan perawatan wajib untuk sepeda motor. Tetapi ada yang mengatakan sekali memakai satu merek oli, maka motor haram minum oli merek lain. Benarkah demikian? Lebih jelasnya simak tips otomotif berikut ini.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Berdasarkan penuturan Tatang Supriyadi, pemilik bengkel Tatang Motor Depok, Jawa Barat dijelaskan bahwa akan ada efek tertentu yang terjadi pada mesin motor yang sering bergonta-ganti merek oli. Tetapi sifatnya tidak sampai merusak mesin.

“Kalau ada atau tidak, sebetulnya ada. Misalnya tarikannya jadi terasa berkurang. Tapi itu tidak terlalu signifikan atau membuat mesin bermasalah apalagi rusak,” jelas Tatang sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Liputan6, Selasa (10/5/2016).

Satu hal yang penting adalah sebelum menuangkan oli baru, baik yang masih satu merek ataupun tidak, oli lama di dalam mesin harus dikuras sampai bersih terlebih dahulu.

Sebab oli baru jika bercampur dengan oli lama, fungsi pelumasannya tidak dapat bekerja secara optimal. Selain itu selalu ganti oli secara rutin dan tepat waktu karena itulah yang akan menentukan performa dan keawetan mesin.

“Jadi kalaupun mau ganti-ganti merek, yang penting oli diganti secara rutin, prosesnya benar, perhatikan juga tingkat kekentalan oli apakah sesuai atau tidak dengan spesifikasi mesin,” terang Tatang memberikan tips otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya