SOLOPOS.COM - Ilustrasi menstarter mesin motor. (Welovehonda.com)

Tips otomotif kali ini tentang manfaat memanasi mesin motor.

Solopos.com, JAKARTA — Ada anggapan yang menyebut sepeda motor injeksi tidak perlu dipanasi sebelum digunakan. Ternyata anggapan tersebut salah besar. Untuk lebih jelasnya, simak terus tips otomotif berikut ini.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Meski disebut motor injeksi, pelumasan mesinnya tetap sama seperti motor karburator. Dalam tips otomotif dari Senior Mechanic Adolina Motor Sport Jakarta, Misan, pelumasan yang sempurna dimulai dari memanaskan mesin motor.

“Masih harus! Semua motor harus dipanaskan sebelum digunakan agar oli tersebar merata ke semua bagian mesin,” papar Misan seperti dilansir laman Liputan6, Kamis (25/2/2016).

Ia menambahkan, menyalakan mesin motor pada pagi hari sebaiknya dilakukan dengan kick starter. Selain memperpanjang umur aki, oli juga akan lebih mudah menyebar ke seluruh bagian mesin. “Baiknya pula diselah [dinyalakan dengan kick starter] didahulu sekitar tiga kali sebelum kunci kontak on. Agar waktu motor hidup sudah ada oli yang melumuri mesin,” imbuhnya.

Soal durasi memanaskan mesin motor, Misan dalam tips otomotifnya menyebut tidak perlu terlalu lama. Tetapi yang terpenting adalah tuas gas dimainkan agar kotoran dalam mesin ikut keluar lewat knalpot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya